Mahfud MD: Ini Pesta Olahraga, Tidak Menakutkan Karena Papua Damai

  • Whatsapp
mahfud md
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian saat melakukan peninjauan langsung persiapan pengamanan pembukaan PON XX dan Peparnas XVI Papua.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD bersama Menteri dalam Negeri Mohammad Tito Karnavian memastikan pembukaan PON XX dan Peparnas XVI berjalan lancar.

“Saya bersama Bapak Menteri dalam Negeri melakukan pengecekan terakhir dan melihat persiapan akhir yang dilakukan oleh panitia. Semua berjalan baik,” ujar Mahfud usai melakukan pemantauan akhir, di stadion Lucas Enembe Kabupaten Jayapura sekaligus menyaksikan gladi resik pembukaan PON XX, Kamis (30/9).

Bacaan Lainnya

Informasi dari Pangdam dan Kapolda, lanjut Mahfud, sejak tanggal 22 September sudah banyak kontingen yang mulai bertanding dan sejauh ini berjalan lancar.

“Insyaallah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis, tapi penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak serem gitu, karena ini pesta olahraga,” sambung Mahfud.

Dalam kesenpatan ini, Mahfud meminta agar semua aparat bekerja dengan maksimal, agar pembukaan PON yang akan dihadiri oleh Presiden dapat berjalan dengan lancar, aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Saya mengimbau masyarakat mendukung acara ini, aparat TNI Polri, Pemda, supaya semuanya bekerja dengan sebaik-baiknya,” jelas Mahfud.

Selain melakukan pemantauan keamanan, Mahfud juga memastikan penerpan protokol kesehatan berjalan baik.

“Saya sudah mendapat laporan, kemudian melihat sendiri lokasi-lokasi dan apa yang sudah berjalan dalam beberapa hari  terakhir ini. Semua berjalan baik dan Insyaallah akan tetap baik, itu kalau dari sudut keamanan. Kalo dari segi acaranya juga sudah sangat memadai,” tambah Mahfud MD sebelum meninggalkan stadion Lucas Enembe.

Sebelumnya, pada 11 September lalu, Menko Polhukam Mahfud MD melakukan pemantauan keamanan dan penerapan protokol kesehatan di beberapa venue PON Papua XX. Selanjutnya bersama Menteri dalam Negeri Mahfud memberikan briefing kepada seluruh jajaran aparat TNI-Polri di Resimen Induk Kodam XVII Cendrawasih yang juga dihadiri Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan tiba di Jayapura Jumat sore nanti untuk melaksanakan serangkaian kegiatan. Selain akan membuka secara resmi PON dan Peparnas di Jayapura, Presiden direncanakan juga akan mengunjungi Pos Perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Distrik Sota, Kabupaten Merauke. (*)

Pos terkait