Mahfud MD Pantau Langsung Persiapan Keamaan Pembukaan PON XX Papua

  • Whatsapp
mahfud md
Mahfud MD berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk persiapan pembukaan PON XX dan Peparnas XVI oleh Presiden Jokowi hari Sabtu 2 Oktober 2021 besok.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD kembali datang ke Papua. Ia ditemani oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian untuk melakukan peninjauan langsung persiapan pembukaan PON XX dan Peparnas XVI di Papua.

“Kamis sore kemarin sy kembali mendarat di Jayapura, Provinsi Papua, dua hari menjelang pembukaan secara resmi PON dan Peparnas oleh Presiden, pada Sabtu malam besok,” kata Mahfud MD, Jumat (1/10).

Bacaan Lainnya

Menko Mahfud meninjau langsung stadion utama pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI, yakni Stadion Lukas Enembe. Di sana juga dilakukan gladi resik pembukaan ajang olahraga nasional tersebut.

“Saya dan rombongan langsung menuju Stadion Lukas Enembe untuk mengikuti Gladi Resik pembukaan PON termasuk pengamanan dan pemenuhan protokol kesehatan,” ujarnya.

Di dalam pantauannya yang dibantu oleh Forkopimda Papua dan aparat keamanan dari TNI dan Polri, Mahfud MD menyebut bahwa persiapan sudah berjalan sangat baik.

“Semua berjalan lancar, tinggal menunggu hari H pembukaan oleh bapak Presiden,” imbuhnya.

Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur itu mengajak semua pihak untuk ikut membantu melakukan suksesi ajang olahraga nasional berkelas dunia tersebut.

“Mari saudara-saudaraku warga Papua. Bapa, mama, adik, kaka, kitorang sukseskan PON dan Peparnas di Papua. Warga Indonesia di berbagai wilayah, mari kita simak pembukaan PON dan berbagai pertandingan melalui layar televisi masing-masing,” serunya.

Ditegaskan Mahfud, PON XX Papua Peparnas XVI ini tidak hanya sebagai ajang olahraga yang merebut piala dan menunjukkan prestasi semata. Lebih dari itu, pekan olahraga nasional ini juga ditujukan untuk upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah di Timur Indonesia itu.

“PON kali ini tidak hanya untuk mencari dan mengukur prestasi atlet-atlet berbakat dari seluruh Indonesia, tapi PON Papua juga adalah simbol pembangunan, kemajuan, dan keamanan warga Papua, sama seperti daerah lain di tanah air,” tegasnya.

Dengan kerjasama semua pihak dan stakeholder yang ada, Mahfud yakin bahwa PON dan Peparnas kali ini akan berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

“Torang bisa!,” pungkasnya.

Pos terkait