KPBI Nilai, Partai Buruh Wujud Evaluasi Gerakan Kaum Buruh Perjuangkan Hak

  • Whatsapp
ilhamsyah
Ketua Umum KPBI, Ilhamsyah.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Ketua Umum Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) Ilhamsyah menyampaikan, bahwa Partai Buruh adalah spektrum perjuangan yang digalakkan oleh lebih banyak elemen serikat buruh, petani, nelayan dan elemen sosial lainnya dalam memperjuangkan hak-hak mereka mencapai kesejahteraan.

“Tentu sekarang ini gerakan itu sudah mengevaluasi diri, bahwa gerakan itu tidak cukup di ekstra parlemen, tapi juga harus ikut dalam upaya pengambilan kebijakan. Maka partai buruh ini menjadi gerakan untuk menyuarakan kepentingan kita di parlemen,” kata Ilhamsyah dalam konferensi pers menjelang Kongres IV Partai Buruh di Jakarta, Minggu (3/10).

Bacaan Lainnya

Dikatakan aktivis buruh yang karib disapa Boim ini, bahwa Partai Buruh yang akan menggelar Kongres ke IV bukan partai baru, melainkan partai lama yang sebelumnya pernah didirikan oleh Muchtar Pakpahan. Karena vakumnya partai tersebut karena minimnya kekuatan, kini beberapa elemen ikut merapatkan barisan mendukung kembali berkibarnya bendera Partai tersebut.

Bagi Boim, seluruh elemen kaum buruh, petani, kaum marjinal dan elemen sosial lainnya memang merasa bahwa perlu ada kendaraan politik yang bisa mengakomodir murni kepentingan mereka. Apalagi parlemen jalanan dan gerakan sosial lainnya kurang membuahkan hasil selama ini.

Kesadaran bersama inilah yang akhirnya mendorong mereka mendukung dan menambah kekuatan untuk kembali berkibarnya Partai Buruh sampai masuk lolos verifikasi faktual di Komisi Pemilihan Umum (KPU), sehingga kendaraan politik tersebut mampu berjuang secara penuh di kancah perpolitik tanah air.

“Kebutuhan lahirnya partai politik kaum gerakan ini adalah ikhtiar lama. Berbagai macam cara gerakan demokrasi untuk wujudkan partai politik hingga sampai saat ini belum ada hasil terbaik untuk ikut berkontestasi pemilu, selalu gagal di UU Kepartiaan dan UU Pemilu,” paparnya.

Kemudian, Boim juga menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya kaum buruh Indonesia, agar mendukung penuh Partai Buruh.

“Partai ini menjadi jawaban bagi kita semua untuk berperan aktif dalam menentukan Indonesia ke depan, Indonesia baru tanpa penindasan,” tegasnya.

Pos terkait