Kapolri Persilakan Peserta Lomba Mural Kritik Polri

  • Whatsapp
mural
Mural karya seniman Fábio Gomes Trindade [source : instagram/fabiogomestrindade]

Jakarta, Inisiatifnews.com – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, bahwa agenda lomba mural yang digelar oleh Polri untuk merebutkan Piala Kapolri bakal diselenggarakan pada akhir bulan ini.

“Akhir bulan Oktober ini, Polri akan menggelar festival atau lomba seni mural Piala Kapolri 2021 di Lapangan Bhayangkara,” kata Kapolri dalam keterangannya, Rabu (20/10).

Bacaan Lainnya

Jenderal Listyo mengajak para peserta mural nanti bisa menghasilkan karya terbaiknya. Bahkan sub tema di dalam karya seni mural ini pun diberikan kebebasan semaksimal mungkin, termasuk ketika para peserta ingin mengekspresikan kritikannya kepada korps Bhayangkara itu.

“Seluruh peserta lomba dipersilahkan untuk menghasilkan karya mural dengan sub tema kritikan atau masukan kepada Polri baik dari segi negatif maupun positif,” ujarnya.

Total hadiah Rp90 Juta

Menurut Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, bahwa kegiatan tersebut adalah sebuah wadah bagi masyarakat luas untuk dapat berkarya dan berkreasi selama masa pandemi Covid-19.

“Menjadi wadah kebebasan berekspresi dan untuk menyalurkan ide melalui karya seni, serta aspirasi dari masyarakat dalam menghadapi permasalahan masyarakat dalam berbagai sektor,” kata Argo kepada wartawan, Selasa (19/10).

Ia menyebutkan bahwa lomba tersebut akan mengusung tema ‘Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi Covid-19’. Mabes Polri berharap lewat lomba tersebut maka dapat mengobarkan semangat kemerdekaan, nasionalisme dan optimisme di tengah pandemi.

Argo menuturkan, lomba tersebut dibuka 27 September-17 Oktober 2021 di tingkat Polda. Kemudian pada 20 Oktober, lomba akan digelar di tingkat Mabes Polri.

Kurasi pertama, kata dia, akan dilakukan pada 18-20 Oktober 2021. Nantinya, satu dari lima peserta terbaik di setiap Polda akan berpartisipasi pada tingkat nasional atau Mabes Polri di Jakarta.

Selanjutnya, kata dia, peserta yang terpilih akan menggambar langsung secara serentak di tingkat nasional pada 30 Oktober 2021. Kegiatan itu akan dibuka secara resmi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pendaftaran lomba ini, akan memperebutkan total hadiah senilai Rp90juta. Dimana, hadiah akan terbagi Rp30 juta untuk juara 1, Rp15 juta bagi juara 2, Rp10 juta bagi juara 3, serta masing-masing Rp5 juta untuk tujuh peserta favorit.

Pos terkait