Peringati Hari Santri, TK di Sidoarjo Gelar Lomba Mewarnai Gambar Pendiri NU

  • Whatsapp
Lomba mewarnai
Foto : Istimewa.

Sidoarjo, Inisiatifnews.com – Memperingati Hari Santri nasional yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober dilakukan oleh sekolah Taman Kanak-kanak Al-Hidayah, Desa Grabagan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo dengan menggelar lomba mewarnai salah satu ulama, tokoh nasional sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari, sebagai upaya menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak dini.

Sekitar 25 anak dengan penuh semangat dan ceria mewarnai sosok pendiri NU pada sebuah lembar kertas, yang telah dibagikan oleh gurunya.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala TK Al-Hidayah Endang Purwanti, kegiatan itu sengaja dilakukan pihak sekolah sebagai upaya mengenalkan sosok pahlawan, ulama besar dan panutan ormas terbesar di Indonesia, agar anak-anak mengetahui sejak dini. Sehingga kelak sudah tertanam dalam dirinya, jiwa nasionalisme dan cinta NKRI seperti yang telah diajarkan oleh almaghfurlah KH Hasyim Asy’ari.

“Anak-anak merupakan aset dan pondasi pertama, sehingga perlu penanaman nilai budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari, berakhlak baik, berjiwa sosial, mandiri dan kreatif. Sehingga ketika terjun ke masyarakat nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang hebat, cerdas, bertanggung jawab dan amanah,” kata Endang, Kamis (21/10/2021).

Peringatan hari santri ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti mencuci tangan, mengecek suhu tubuh anak dan memakai masker. Adapun beberapa kriteria lomba mewarnai di antaranya kerapian, keserasian gambar, warna dan kreatifitas anak-anak.

Untuk menyemarakkan peringatan hari santri nasional tahun 2021 ini, pihak sekolah juga menyiapkan tiga piala bagi juara 1, 2 dan tiga serta hadiah partisipasi bagi 25 anak yang telah mengikuti kegiatan lomba mewarnai.

Pos terkait