Salah Gunakan Terminologi, Mahfud MD Kritik Said Didu

  • Whatsapp
Mahfud MD dan Said Didu
Muhammad Said Didu dan Mahfud MD.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menilai, tentang kritikan Muhammad Said Didu di dalam menilai pemerintahan saat ini sangat bisa diterima.

“Kritiknya bisa diterima,” kata Mahfud MD, Minggu (7/11).

Bacaan Lainnya

Hanya saja ia pun perlu memberikan kritikan kepada sahabatnya itu yang salah dalam penggunaan terminologi untuk menyampaikan kritikannya itu.

“Tapi disarankan tak mengibaratkan batalnya wudhu dalam fiqh thaharah,” tuturnya.

Said Didu sebelumnya menggunakan terminologi najis dan batal wudhu untuk menyinggung pemerintahan saat ini.

“Pejabat negara yg berbisnis yg terkait dengan kewenangannya bagaikan orang yg batal wudhunya krn kena najis shg sholatnya tdk sah. Najis membatalkan wudhu walaupun jumlahnya kecil,” tulis msaid_didu.

Konteks terminologi inilah yang dikritik Mahfud. Karena dalam bab batalnya sebuah wudhu tidak disebabkan karena najis.

“Kalau terkena najis tak membatalkan wudhu (misal: tersentuh kotoran manusia, cukup dicuci, wudhu tak batal),” ucap Mahfud.

Bahkan Mahfud juga menyebut, bahwa tidak semua yang membatalkan wudhu adalah sesuatu yang najis.

“Sebaliknya tak semua yang membatalkan wudhu itu najis; seperti sperma atau kentut,” pungkasnya.

Ternyata yang memberikan kritikan tentang terminologi najis dan batalnya wudhu ala Said Didu bukan hanya Mahfud MD saja. Banyak netizen yang mengoreksi pemahaman fiqih tentang bab bersuci tau thaharah itu.

Salah satunya adalah pemilik akun @ummunaim_dul. Ia memberikan penjelasan dari perspektif madzhab Imam Syafi’i, dimana najis bukan menjadi penyebab batalnya sebuah wudhu seseorang.

“Mhn maaf Pak… Madzhab Syafi’i: Najis tidak membatalkan wudhu, jika ada anggota tubuh yg terkena najis maka cukup dicuci/dibersihkan pd bagian yg terkena najis saja. Najis dpt membatalkan sholat, krn syarat sah sholat harus suci dari najis (badan, tempat dan pakaiannya) 🙏🙏🙏,” tulisnya.

Pos terkait