Hikam : Jihadi Takviri Selalu Jadi Ancaman Eksistensi NKRI

  • Whatsapp
AS Hikam
Dr. Muhammad Atho'illah Shohibul Hikam, M.A., A.P.U.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Akademisi dari President University, Muhammad AS Hikam mengatakan, bahwa salah satu ancaman eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), salah satunya adalah paham takviri.

Karena paham takviri ini adalah salah satu cikal bakal munculnya paham dan gerakan radikal dan ekstremis yang menggunakan “baju” Islam untuk melegitimasi ruang gerak mereka.

Bacaan Lainnya

“Hemat saya, dengan terkuaknya kasus infiltrasi kelompok jihadi takfiri seperti JI ke dalam organisasi seperti MUI ini, merupakan indikasi bahwa radikalisme dan ekstremisme berkedok agama masih menjadi salah satu ancaman eksistensial bagi NKRI,” kata Hikam, Rabu (17/11).

Persoalan takviri ini menurut Hikam bisa saja tidak hanya terjadi di MUI saja, khususnya pasca ditangkapnya anggota Komisi Fatwa MUI Pusat Zain An-Najah. Akan tetapi bisa saja terjadi di organisasi-organisasi Islam lainnya. Inilah kata Hikam yang perlu diwaspadai bersama.

“Apa yang terjadi di MUI bisa juga terjadi di ormas keagamaan (Islam) lain sehingga harus menjadi semacam peringatan dini,” ujarnya.

Pun demikian, Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) era pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut menegaskan bahwa asumsi tersebut tidak boleh membuat publik mudah melakukan stigmatisasi terhadap umat Islam secara keseluruhan.

“Walaupun tidak boleh menjadi alat stigmatisasi terhadap ummat Islam baik secara keseluruhan maupun sebagian,” tegasnya.

Pos terkait