Presiden Jokowi Lantik Dudung KASAD dan Suharyanto Kepala BNPB

  • Whatsapp
jokowi
Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada hari Rabu 17 November 2021.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Presiden Jokowi secara resmi melantik dua pejabat baru, yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam pelantikan yang dilakukan di Istana Negara Jakarta pada hari Rabu 17 November 2021, Presiden melantik Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Dudung menggantikan posisi Jenderal TNI Andika Perkasa yang telah sebelumnya dilantik Presiden sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto karena telah memasuki masa pensiun di bulan November ini.

Bacaan Lainnya

Dan usai pelantikan, Presiden Joko Widodo juga menyematkan pangkat di pundak Dudung dari bintang tiga menjadi bintang empat. Sehingga jabatan Dudung saat ini menjadi Jenderal TNI.

Berikut ucapan sumpah jabatan yang diucapkan oleh Dudung di hadapan Presiden Joko Widodo.

Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segara peraturan perundang-undangan dengan selurus lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam, menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Dan saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit.

Dudung sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Selain jabatan KASAD, Presiden Joko Widodo juga melantik Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala BNPB menggantikan Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito yang sudah memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, Mayjen TNI Suharyanto menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya. Ia merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Darat jebolan Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan infanteri.

Pos terkait