Eka Jaya Galau, Reuni Akbar 212 Digeser dari Urusan Agama Jadi Politik

Eka Jaya
Ketua Panitia Reuni Akbar 212 Tahun 2021, Ustadz Eka Jaya.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Ketua panitia pelaksana Reuni Akbar 212, Ustadz Eka Jaya tampak bimbang dengan keputusan yang diambil. Pasalnya, rencana yang tampak sudah matang bahwa acara Reuni Akbar 212 yang sebelumnya digelar dengan dzikir dan munajat di Masjid Az Zikra, hari ini berubah kembali dan dipaksakan digelar di kawasan Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat dengan agenda penuh orasi politik.

“Aksi super damai untuk menyampaikan pendapat yang dilindungi UU No 9 Tahun 1998 dengan tema : Bela Ulama, Bela MUI dan Ganyang Koruptor yang bertempat di Kawasan Patung Kuda Jakarta, Kamis 2 Desember 2021 jam 08.00 – 11.00 WIB,” tulis siaran pers Eka Jaya dan panitia Reuni Akbar 212 yang diterima wartawan, Selasa (30/11).

Bacaan Lainnya

Kemudian, setelah lelah melakukan aksi selama 3 (tiga) jam saja di kawasan Patung Kuda, lalu para petinggi kelompok 212 akan melaju ke Masjid Az Zikra Sentul untuk melanjutkan agenda reuni akbar dengan talkshow. Rencananya, akan ada 100 orang tokoh 212 terlibat di dalam bincang-bincang di kawasan Pondok Pesantren milik mendiang Almarhum Ustadz Arifin Ilham itu.

Flyer reuni akbar 212
Flayer Reuni Akbar 212 di Patung Kuda Monas.

“Silaturahmi dan dialog 100 tokoh dengan tema : bersama mencari solusi untuk keselamatan ´╗┐NKRI. Kamis, 2 Desember 2021 jam 12.30 – 15 30 WIB di Aula Masjid Adzikra Bogor,” pungkasnya.

Sebelumnya, Reuni Akbar 212 memang direncanakan digelar di Monumen Nasional (Monas) karena sebagai tonggak sejarah besar mereka melakukan aksi besar-besaran tahun 2016 silam.

Namun karena manajemen Monas belum memberikan ijin karena belum dibuka untuk umum sampai tahun 2022 nanti, sehingga panitia pun berencana menggelarnya di kawasan Patung Kuda.

Hanya saja, Pemprov DKI Jakarta masih mengharapkan agar panitia tidak menggelar Reuni Akbar 212 di tengah situasi pandemi Covid-19, ditambah lagi Satgas Covid-19 pun belum memberikan ijin, sehingga panitia Reuni Akbar 212 lalu memutuskan penyelenggaraannya digeser ke Masjid Az Zikra Sentul. Di sana acara akan digelar sejak sebelum subuh hingga siang hari dengan agenda penuh dzikir dan munajat kepada Tuhan.

“Pelaksanaan Reuni 212 Tahun akan diadakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat sekaligus doa bersama untuk Almarhum Ust Ameer Azzikra putra alm. KH M Arifin Ilham dan disiarkan secara virtual dan live streaming,” tulis Eka Jaya pada hari Senin (29/11).

Kemudian di siaran yang sama, Ketua Umum ormas PEJABAT itu lalu memerintahkan kepada para simpatisan untuk menggelar acara sejenis di daerah masing-masing dengan tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan.

“Untuk Alumni 212 diberbagai daerah dianjurkan membuat acara yang sama dengan tetap menjaga Ciri Khas 212 dan Prokes,” serunya.

Pos terkait