Rumail Abbas Ingatkan Tofa Soal Kebodohan dan Fitnah Jadi Netizen

Mustofa Nahrawardaya
Humas DPP Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Influencer Nahdliyyin asal Jepara, Rumail Abbas mengingatkan kepada bekas pengurus Pemuda Muhammadiyah, Mustofa Nahrawardaya tentang bagaimana bentuk dari praktik fitnah dan kebodohan seorang netizen.

Menurut Rumail Abbas, fitnah adalah sebuah tindakan mengaburkan informasi secara sadar untuk tujuan negatif.

Bacaan Lainnya

“Fitnah dilakukan karena tahu kebenarannya, kemudian dikaburkan untuk tujuan jahat,” kata Rumail Abbas, Sabtu (18/12).

Sementara itu, kebodohan adalah terlalu cepatnya reaksi terhadap sesuatu yang ia tidak pahami betul ketepatan informasinya. Dan lebih parahnya ketika diikuti oleh narasi yang seolah-olah benar, namun ternyata menyesatkan.

“Jika tidak tahu lantas berkomentar, itu namanya kebodohan,” ujarnya.

Hoaks Gus Yaqut
Hoaks yang menyerang Gus Yaqut dari kelompok mengatasnamakan oposisi.

Kemudian, Rumail Abbas juga mengingatkan kepada Mustofa Nahrawardaya, bahwa sebuah kebodohan tidak boleh dimaklumi, akan tetapi perlu disadarkan dan dilakukan pembinaan agar tidak melakukan hal serupa di kemudian hari.

“Kebodohan itu dibina, bukannya dimaklumi,” tuturnya.

Mustofa Nahrawardaya minta publik maklumi disinformasi soal Gus Yaqut elus pipi wanita cantik

Sebelumnya, publik dihebohkan dengan disinformasi tentang penggalan video Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama yang karib disapa Gus Yaqut mengelus pipi seorang wanita cantik yang tampak tengah bernyanyi.

Narasi yang muncul kemudian mendiskreditkan Gus Yaqut bahwa ia tengah melalukan perbuatan tercela dengan mengelus pipi wanita yang bukan mahramnya.

Sontak, salah satu orang yang menjadi saksi mata kejadian tersebut angkat bicara. Ia adalah Tantri Syalindri. Vokalis grup band KOTAK tersebut meluruskan informasi yang salah, bahwa wanita yang dielus pipinya oleh Gus Yaqut adalah istrinya sendiri, yakni Eny Yaqut.

“Saya heran mendadak video saya tersebar dan memunculkan fitnah terhadap Gus Yaqut dan istri. Video dimana Gus bernyanyi dan mengeluskan tangan ke pipi istri, dan itu di anggap HARAM 🤣 saya berhak meluruskan karena itu yang saya upload, FIX ITU FITNAH,” tulis @tantrikotak.

Mendapati penjelasan Tantri, Mustofa Nahrawardaya pun meminta agar semua pihak memaklumi disinformasi yang ada. Hal ini karena tidak adanya penjelasan awal bahwa yang dielus Gus Yaqut adalah istrinya sendiri.

“Assalamu’alaikum Mbak @tantrikotak. Semoga sehat selalu. Barangkali fitnah itu muncul karena info videonya tidak lengkap sampai ke netijen. Kalau netijen tahu itu suami isteri, tentu tidak ada fitnah. Demikian penjelasannya. Stop di sini saja ya Mbak. Dapat dimaklumi kok,” tulis TofaTofa_id.

Kemudian, Tweet politisi Partai Ummat itu pun disentil oleh netizen NU Garis Lucu.

Pos terkait