Soal Habib Bahar, Uki Tak Mau Publik Sentimen ke Marga Smith

uki
Dedek Prayudi (Uki).

Jakarta, Inisiatifnews.com – Mantan juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek “Uki” Prayudi menyayangkan sikap Habib Bahar bin Smith yang doyan memaki-maki Jenderal Dudung Abdurachman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Uki menilai, bahwa Habib Bahar diduga sedang ada masalah dengan kepribadiannya.

Bacaan Lainnya

“Menurut saya Bahar Smith menderita sindrom superiority complex,” kata Uki, Minggu (19/12).

Perlu diketahui, bahwa sindrom superiority complex adalah suatu perilaku yang menunjukkan seseorang percaya bahwa mereka lebih unggul dari orang lain. Orang dengan kondisi ini sering memiliki pendapat berlebihan tentang diri mereka sendiri. Mereka mungkin percaya bahwa kemampuan dan pencapaian mereka melebihi orang lain.

Sayangnya, Habib Bahar cenderung menggunakan sentimen rasial untuk mencoba melegitimasi perilakunya itu.

“Kanal yang dia pakai untuk itu adalah kanal ras dan garis keturunan. Konsekuensinya, ucapannya kerap terdengar mengagungkan diri, atribut dan apapun tentang dia,” terangnya.

Uki menyebut bahwa banyak kalangan habib yang memiliki marga bin Smith tidak respect dengan sikap Habib Bahar tersebut.

“Gegara kelakuan Bahar, banyak Habaib yang juga bin Smith yang kesel. Salah satunya temenku ini. Untuk menghindari kesan adu domba antar keluarga, nama depannya ku sensor. Intinya, gak semua Smith kayak Bahar,” sambungnya.

Oleh karena itu, Uki yang merupakan demografer muda ini berharap sikap dan perilaku Habib Bahar tidak menjadikan efek domino bagi mereka yang memiliki marga bin Smith.

“Saya mau mengajak orang-orang yang tidak suka dengan ulah Bahar untuk tidak memperlebar ketidaksukaan tersebut ke orang lain yang bermarga sama, yang ber-ras sama dengan Bahar. Bukan dengki, rasional aja. Jangan sampai perang kebencian terjadi karena Bahar,” pungkasnya.

Pos terkait