Mahfud MD Bicara Pentingnya Kritik

Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membahas pentingnya sebuah kritik bagi pembangunan. Menurutnya, kritik justru adalah instrumen yang sangat penting bagi sebuah pembangunan khususnya di pemerintahan.

Pentingnya sebuah kritik menurut Mahfud adalah memberikan kesadaran kepada para pejabat publik untuk bekerja secara baik dan benar serta sungguh-sungguh.

Bacaan Lainnya

“Minimal 2 alasan, mengapa kritik itu penting bagi pejabat publik. Pertama, agar kita tahu bahwa kita diawasi oleh orang banyak,” kata Mahfud, Kamis (6/1).

Lalu, manfaat kritik kedua menurut Mahfud adalah untuk perbaikan. Sebuah pembangunan di pemerintahan perlu kontrol sistem yang baik agar bisa berjalan dengan baik dan on the track.

Begitu juga manfaat kritik adalah agar bisa memahami secara baik apa yang menjadi kekurangan dengan data-data yang ada.

“Kedua, agar kita bisa menjelaskan dengan data jika isi kritik itu salah,” jelasnya.

Hanya saja, Mahfud juga memberikan pemahaman kepada masyarakat luas termasuk bagi para pengritik, agar tidak juga menutup diri dengan countering dari pihak yang dikritik.

Kedewasaan dan pemahaman ini dinilai sangat penting sehingga tidak menuding orang yang melakukan pengungkapan dan pembelaan diri dianggap sebagai orang yang anti terhadap kritikan.

“Yang penting, pengritik harus siap dikritik balik. Jangan menuding yang menjawab kritik sebagai orang antikritik,” tegasnya.

Pos terkait