SDR Sarankan Parpol Mulai Tonjolkan Nama Cawapres

Hari Purwanto
Hari Purwanto.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto mengatakan bahwa sebaiknya partai politik tidak hanya sekedar menonjolkan nama calon presiden untuk bursa Pilpres 2024 mendatang. Akan tetapi nama calon wakil presiden pun perlu diangkat.

Karena menurut Hari, sebenarnya nama calon Presiden bisa menjadi salah satu faktor untuk menarik minat masyarakat sebagai calon pemilih.

Bacaan Lainnya

“Parpol sebagai pengusung pasangan capres-cawapres semestinya tidak hanya melirik figur capres, tapi juga figur cawapres yang bisa dijadikan tolok ukur untuk mendulang perolehan suara partai,” kata Hari dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (28/1).

Tentunya, nama calon wakil presiden harus orang yang memiliki grafik elektabilitas dan popularitas tinggi.

“Jika parpol secara serius dan masif mendorong figur cawapres yang memilik elektabilitas dan kedekatan dengan masyarakat, maka kompetisi 2024 yang semakin ketat dan kompetitif tentunya membutuhkan kejelian dan hitungan yang matang,” ujarnya.

Berkaca Pilpres 2019

Kemudian, Hari Purwanto juga menilai bahwa figur capres selalu menjadi terdepan sejak 4 periode pemilu secara langsung, namun publik luput bahwa figur cawapres juga bisa menjadi penentu kemenangan capresnya.

“Contoh yang sangat jelas adalah ketika pemilu 2019. Figur KH Ma’ruf Amin menjadi pilihan cawapres saat itu oleh Jokowi. Hasilnya jumlah perolehan suara Jokowi-Ma’ruf mencapai 85.607.362 atau 55,50 persen suara,” terangnya.

Kemudian untuk rival Jokowi-Maruf, yakni Prabowo-Sandi mendapatian syara sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen. Selisih suara kedua pasangan mencapai 16.957.123 atau 11 persen suara.

“Faktor KH Ma’ruf Amin juga tentunya menjadi salah satu pendulangan suara, dimana saat itu umat terbelah tapi dengan kehadiran sosok cawapres dari MUI mampu mengendalikan gejolak yang ada,” paparnya.

Pos terkait