Presiden Jokowi Terima 12 Pimpinan OKP Cipayung Plus di Istana

jokowi dan cipayung plus
Presiden Jokowi saat menerima 12 pimpinan OKP Cipayung Plus di Istana Merdeka Jakarta pada hari Rabu 23 Maret 2022.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo hari ini menerima kunjungan 12 pimpinan OKP Cipayung Plus di Istana Negara Jakarta.

“Selamat siang. Hari ini saya menerima kedatangan para ketua umum dari 12 organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus di Istana Merdeka,” kata Presiden Jokowi, Rabu (23/3).

Bacaan Lainnya

Sekedar diketahui, bahwa 12 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang terlibat antara lain ; Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM), Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia (HIKMAHBUDHI).

Kemudian, ada juga Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Pelajar Islam Indonesia (PII), Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Dalam silaturrahmi dan dialog itu, Presiden menyampaikan bahwa pihaknya menerima banyak masukan.

“Dalam pertemuan tersebut, saya mendengarkan dan berbincang dengan para ketua organisasi mahasiswa mengenai sejumlah hal, seperti soal program Rumah Kebangsaan, ibu kota Nusantara, hingga stabilitas harga bahan pokok,” jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Umum PB HMI, Raihan Ariatama menyampaikan, bahwa ada dua materi penting yang dibahas antara kelompok Mahasiswa dan Pemuda bersama dengan Kepala Negara. Pertama adalah tentang Rumah Kebangsaan yang menjadi bagian dari program kerja (proker) nasional kelompok Cipayung Plus itu.

“Berkaitan dengan program Kelompok Cipayung Plus, yaitu Rumah Kebangsaan, yang mana kami melakukan program Rumah Kebangsaan,” kata Raihan.

Dijelaskan Raihan, pihaknya ingin ada kolaborasi aktif antara Kelompok Cipayung dengan pemerintah agar apa yang menjadi harapan mereka di dalam program pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) itu berjalan dengan baik.

“Rumah Kebangsaan merupakan salah satu program andalan kami pada periodesasi kali ini untuk tetap menjaga, merawat persatuan dan kesatuan kita, karena Indonesia sangat beragam,” ujarnya.

Baca Juga : Marc Marquez dan Pembalap MotoGP Lainnya Akan Temui Jokowi Sebelum Balapan di Mandalika
Ditekankannya lagi, bahwa program Rumah Kebangsaan ini kunci utamanya adalah persatuan dan kesatuan antar generasi muda bangsa Indonesia agar siap aktif dan kreatif dalam menghadapi tantangan yang ada.

“Berbagai macam latar belakang agama, ideologi, suku bangsa dan tetap kita rajut dalam satu kesatuan,” sambungnya.

Di samping itu, melalui program Rumah Kebangsaan ini, kelompok Cipayung Plus mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul di berbagai bidang.

“Harapannya, muncul bibit-bibit, tunas-tunas muda di Indonesia nanti ke depannya yang siap untuk menopang pembangunan perjalanan bangsa kita ke depannya,” tutur Raihan.

Materi yang kedua adalah tentang Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utata (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Raihan menegaskan bahwa kelompok Cipayung Plus bakal mengawal program pemerintah pusat itu agar tetap berjalan sesuai dengan alur yang benar.

Alhamdulillah Presiden menyambut baik dan kami berkomitmen untuk tetap memberikan kontribusi sumbangsih pemikiran agar stabilitas harga bahan pokok tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya ke depannya,” tandasnya.

Terakhir, Raihan menyampaikan pula bahwa di dalam pertemuan itu, para pimpinan OKP Cipayung Plus mendapatkan wejangan penting dari Presiden Joko Widodo, yakni tetap menjadi generasi muda yang aktif, kreatif dan inovatif.

“Pesan Presiden bahwa anak muda harus tetap berkreasi, harus inovatif tapi tidak meninggalkan daya kritisnya, dan pemerintah siap berkolaborasi dengan Kelompok Cipayung Plus untuk tetap menjaga, merawat bangsa kita ke depannya,” pungkas Raihan.

Pos terkait