86 Juta Masyarakat Diprediksi Mudik Lebaran Tahun Ini

larangan mudik
Polisi tampak mengatur lalu lintas saat melakukan check point antisipasi kegiatan mudik di Kediri, Jawa Timur. [foto : Istimewa]

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyampaikan, bahwa setidaknya ada 86 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2022 nanti.

“Berdasarkan proyeksi atau prediksi dari hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan. Angka yang akan melaksanakan mudik itu berkisar antara 76-86 juta warga Indonesia yang akan melaksanakan mudik Idul Fitri setelah dua tahun absen tidak ada mudik,” kata Muhadjir usai menghadiri rapat terbatas (ratas) persiapan Idul Fitri 1443 Hijriah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/4).

Bacaan Lainnya

Dengan melihat angka tersebut, kata Muhadjir, Presiden Jokowi turut memberikan arahan agar program vaksinasi dilaksanakan dengan sebaik mungkin, khususnya bagi warga yang hendak mudik.

“Karena berdasarkan hasil uji lapangan menunjukkan bahwa booster memang menjadi faktor yang sangat determinan di dalam upaya kita untuk menekan angka kasus dan kematian Covid-19,” ujarnya.

Ia menegaskan, bahwa orang yang sudah di booster dapat memiliki tingkat ketangguhan imunitas yang berkali lipat dibandingkan mereka yang belum disuntik booster.

“Oleh karena itu dalam momentum kegiatan ramadhan ini, terutama dalam pelaksanaan ibadah Tarawih diupayakan untuk dilaksanakan sekaligus vaksinasi dan booster,” tuturnya.

Untuk itu, Muhadjir berharap masyarakat yang hendak melaksanakan mudik, agar segera mendaftarkan diri nya untuk berkunjung ke gerai vaksinasi. Terutama yang ada di wilayah yang akan menjadi tempat pemberangkatan mudik, diantaranya yakni Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

“Sekali lagi saya tekankan marilah semuanya yang sudah berniat mudik untuk segera melakukan vaksinasi terutama yang sudah vaksin kedua untuk melaksanakan vaksin booster,” pungkasnya.

Pos terkait