Wapres Ajak Masyarakat Pastikan Tak Bawa Covid-19 Saat Mudik Lebaran

maruf amin
Wakil Presiden, KH Maruf Amin.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap berhati-hati dan selalu tertib menjalankan protokol kesehatan (prokes) saat pulang ke kampung halaman pada saat mudik Lebaran 2022 mendatang.

Wapres mengatakan, situasi pandemi sudah mulai menurun, sehingga untuk tahun ini pemerintah akan memberikan kelonggaran kepada masyarakat dengan memperbolehkan mudik Lebaran.

Bacaan Lainnya

“Tetapi karena pandeminya belum hilang kepada masyarakat supaya tetap hati-hati. Pertama tentu jangan lepas protokol kesehatan terutama masker tidak boleh lepas,” tegas Wapres di sela kunjungan kerja di Aceh, Kamis (14/4).

Wapres mengatakan diperkirakan orang yang akan mudik mencapai 70 sampai 80 juta. Karena banyaknya orang yang akan mudik, ia pun mewanti-wanti jangan sampai justeru pulang kampungnya masyarakat malah meningkatkan angka kasus Covid-19, apalagi sampai menularkan kepada orang-orang terkasih yang memiliki kerentanan.

“Nah ini usahakan supaya berhati-hati karena mereka pulang kampung di sana itu ada orang tua, ada orang sakit, ada anak-anak, jangan sampai kita membawa Covid-19 di daerah terkena orang tanya atau misalkan anak-anak dan masyarakat lainnya,” tuturnya.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berharap besar agar mudik lebaran tahun ini tidak menjadikan klaster Covid-19 baru di desa.

“Begitu juga ketika dia pulang kembali ke kota misalnya, membawa itu (virus Covid-19) dari desa ke kota,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ulama asal Banten itu pun mengampanyekan kepada masyarakat untuk segera melengkapi dosis vaksinasi Covid-19, sebagai upaya menghalau efek berat jika tertular virus korona.

“Makanya kita harus senantiasa menjaga diri dengan menjaga protokol kesehatan juga vaksinasi, supaya booster,” tandasnya.

Ia pun menyampaikan rasa optimisme bahwa Indonesia akan segera keluar dari status pandemi menuju endemi. Namun ia berharap kerjasama seluruh elemen masyarakat Indonesia agar harapan itu bisa tercapai dengan baik.

“Dan menghadapi situasi ini, Insya Allah stuasnya akan segera berlalu. Sehingga kembali meningkatkan produktivitas masyarakat dengan menurunnya Covid-19,” pungkasnya.

Pos terkait