Partai Buruh Bakal Gelar Puncak May Day Fiesta 2022, Inilah Rangkaian Acara dan 16 Tuntutannya

Said Iqbal
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat melakukan konferensi pers pada hari Kamis 5 Mei 2022.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menyampaikan, bahwa pihaknya akan menggelar puncak peringatan Hari Buruh Internasional (May Day Fiesta) 2022 yang bakal dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2022 mendatang.

Rencananya, akan ada 100 ribu buruh yang bakal mengikuti kegiatan May Day Fiesta tersebut di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Bacaan Lainnya

“Dalam kesempatan ini, kami akan menyampaikan terkait dengan pelaksanan May Day di Istora Senayan yang nantinya akan dihadiri hampir 100 ribu buruh pada 14 Mei 2022. Kami memutuskan memakai Istora Senayan,” kata Iqbal dalam konferensi pers virtualnya, Kamis (5/5).

Ia juga menyampaikan, bahwa kegiatan di Istora Senayan itu bukan satu-satunya aktivitas yang dilakukan oleh partai buruh dan serikat buruh lainnya pada hari itu, karena sebelum ke Istora Senayan, mereka akan melakukan aksi unjuk rasa terlebih dahulu di depan gedung DPR RI.

“Sebelum ke Istora Senayan itu, aksi dulu di depan DPRI RI mulai dari jam 10.00 WIB – 12.00 WIB, dan di Istora Senayan itu akan berlangsung mulai dari pukul 13.00 WIB – 18.00 WIB,” ujarnya.

Kedua rangkaian kegiatan peringatan May Day 2022 itu, Said Iqbal menyampaikan akan membawa 16 (enam belas) isu. Antara lain ;

1. Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja

2. Turunkan harga kebutuhan pokok (minyak goreng, daging, tepung, telur, dll), BBM dan gas.

3. Sahkan RUU PPRT, Tolak revisi UU PPP, tolak revisi UU SP/SB

4. Tolak upah murah

5. Hapus outsourcing

6. Redistribusi kekayaan yang adil dengan menambah program jaminan sosial (jaminan makanan, perumahan, pengangguran, pendidikan, dan air bersih)

7. Tolak kenaikan pajak PPn

8. Sahkan RPP perlindungan ABK dan buruh migran

9. Tolak pengurangan peserta PBI Jaminan Kesehatan

10. Tidak boleh ada orang kelaparan di negeri yang kaya

11. Wujudkan kedaulatan pangan dan reforma agraria

12. Stop kriminalisasi petani

13. Biaya pendidikan murah dan wajib belajar 15 tahun gratis

14. Angkat guru dan tenaga honorer menjadi PNS

15. Tolak perpanjangan masa jabatan presiden atau 3 periode

16. Pemberdayaan sektor informal

“Isu ini yang menjadi isu utama yang menjadi konsen partai buruh pada aksi di DPR dan May Day Fiesta di Istora Senayan,” papar Iqbal.

Di acara May Day Fiesta 2022 itu, Iqbal mengatakan akan ada perwakilan partai buruh lintas negara, mulai dari Brazil sampai Australia. Mereka pun akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidatonya di momentum tersebut.

“Selain itu juga, pidato pimpinan partai buruh Brazil dan Australia, kemudian juga pagelaran music kami rencanakan group band Padi atau Jamrud, sedang dalam kami usahakan,” terangnya.

Sekedar diketahui, bahwa May Day Fiesta 2022 di DPR RI dan di Istora Senayan adalah puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional 2022 yang digelar oleh Partai Buruh dan serikat buruh serta masyarakat sipil lainnya yang telah terafiliasi.

Kegiatan May Day Fiesta di Usmar Ismail
Kegiatan May Day Fiesta 2022 di Gedung Film Usmar Ismail Kuningan, Jakarta Selatan pada hari Minggu 1 Mei 2022.

Sebelumnya, mereka menggelar agenda serupa pada tanggal 1 Mei 2022 bertepatan dengan tanggal peringatan May Day. Namun, aksi unjuk rasa mereka lakukan di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, kemudian disusul dengan kegiatan seremonial di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Kuningan berupa penganugerahan tanda jasa kepada keluarga Marsinah.

Pos terkait