50 Ribu Buruh Bakal Ikut Aksi di DPR dan May Day Fiesta Besok

Said Iqbal
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat melakukan konferensi pers pada hari Kamis 5 Mei 2022.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menjelaskan, bahwa akan ada dua kegiatan yang bakal dilakukan Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia pada tanggal 14 Mei 2022 besok.

Dua kegiatan itu adalah, pertama, Pada jam 10.00 – 12.00 WIB dilakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI. Sedangkan yang kedua, pada jam 13.00 – 17.30 WIB berupa May Day Fiesta yang diselenggarakan di kawasan Gerola Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Iqbal, dua agenda yang diselenggarakan hari Sabtu besok merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang sudah dimulai sejak tanggal 1 Mei 2022 lalu di depan gedung KPU RI dan Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Kuningan Jakarta Selatan.

“Kegiatan ini adalah rangkaian peringatan May Day. Di mana pada tanggal 1 Mei kami juga menyelenggarakan aksi di KPU yang dilanjutkan dengan May Day Fiesta di Gedung Film Usmar Ismail,” kata Said Iqbal dalam keterangan persnya secara virtual, Jumat (13/5).

Disampaikan pula oleh Iqbal dalam kegiatan 14 Mei nanti, bahwa pihak Satgas Covid-19 meminta agar pihaknya memenuhi protokol Kesehatan, maka jumlah massa yang seyogyanya dikerahkan sebanyak 100 ribu buruh akhirnya dikurangi menjadi 50-an ribu orang saja. Mereka akan dikerahkan dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

“Salain kegiatan di Jakarta, secara bersamaan, juga akan dilakukan aksi serempak di berbagai daerah: 20 ribu buruh di Surabaya, 5 ribu buruh di Semarang, 15 ribu buruh di Batam, 5 ribu buruh di Medan, dan puluhan ribu buruh lainnya yang tersebar di kota-kota industri seperti Yogyakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makasar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, Ternate, dan beberapa kota industri lainnya,” ujar pria yang juga menjadi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini.

Dalam acara May Day Fiesta yang diselenggarakan di GBK, akan diisi oleh orasi dari serikat buruh internasional dan Partai Buruh dari negara lain. Dari serikat buruh Internasional adalah Sekjend ITUC Sharan Burraw, Sekjend ITUC AP Shoya Yoshida, Presiden DGB, Konfederasi Serikat Buruh Brasil, Konfederasi Serikat Buruh Australia, Konfederasi Serikat Buruh Finlandia.

“Sedangkan dari Partai Buruh dari negara lain adalah Partai Buruh Brasil, Australia, dan Finlandia,” tegasnya.

Pos terkait