Presiden Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker

presiden jokowi
Presiden Joko Widodo.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Presiden Jokowi mengklaim bahwa kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia sampai dengan saat ini semakin terkendali dibandingkan beberapa waktu sebelumnya.

Dengan kondisi seperti itu, Jokowi kemudian mengambil kebijakan penggunaan masker yang sebelumnya sempat digenjot oleh pemerintah untuk dipatuhi oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dengan memperhatikan kondisi saat ini di mana penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya menyampaikan pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” kata Jokowi, Selasa (17/5).

Pelonggaran tersebut menurut Jokowi, berlaku untuk masyarakat yang tengah beraktifitas di ruang terbuka. Meskipun, sampai saat ini sebenarnya juga sudah banyak orang yang tidak mengunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” tukasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menambahkan, untuk masyarakat lansia sebaiknya tetap menggunakan masker demi kebaikan kesehatan mereka sendiri.

Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas,” pintanya.

“Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivita,” lanjutnya.

Pos terkait