Mahfud MD Sebut Identitas Bjorka Sudah Ditemukan

konpres
Konferensi Pers Menko Polhukam bersama Kepala BIN, Kapolri, Menteri Kominfo dan Kepala BSSN.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menyampaikan, bahwa saat ini tim intelijen Indonesia sudah berhasil mengantongi identitas pegiat IT yang ada di balik anonim Bjorka.

Ia menyebut, bahwa baik Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri sudah mengidentifikasi hacker Bjorka yang kabarnya banyak membocorkan data pribadi pejabat.

Bacaan Lainnya

“Gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan,” kata Mahfud MD dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/9).

Mahfud menerangkan, aparat punya kemampuan untuk mengidentifikasi keberadaan hacker dengan akurat. Pun demikian, saat ini aparat keamanan masih belum bisa mengumumkan identitasnya.

“Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” imbuhnya.

Mengenai aksi Bjorka selama ini, Mahfud memastikan tidak terlalu bahaya. Sebab, Bjorka hanya membuka data-data umum, yang sesungguhnya sudah ada di publik.

Mengapa Bjorka melakukan itu? Mahfud menyebut, motifnya gado-gado. Salah satunya adalah urusan politik praktis.

“Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli dan sebagainya. Sehingga juga ya motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan,” katanya.

Mabes Polri memastikan, saat ini, tim gabungan terpadu yang melakukan pengusutan terkait Bjorka terus bekerja. “Tim gabungan masih bekerja,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Rabu (14/9).

Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri ikut tergabung dalam tim terpadu yang dibuat Pemerintah untuk mengusut soal Bjorka. Dedi berjanji akan memberikan informasi lanjutan jika sudah ada informasi dari Dirtipidsiber Bareskrim.

“Menunggu update-nya dari Dirtipisiber juga,” ucapnya.

Pos terkait