JAKARTA, Inisiatifnews – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo hadir di acara debat Capres-Cawapres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta. Ia berharap debat kali ini tidak ada materi yang hanya menekan secara personal dan lebih mengedepankan persatuan dan kesatuan.

“Harapan tetap kompak tidak saling melukai, tetap jaga rasa persatuan dan kesatuan dan memberikan gambaran akan dibawa kemana bangsa ini lima tahun ke depan,” kata pria yang kerap disapa Bamsoet itu kepada wartawan, Kamis (17/1/2019).

Ia juga berharap debat yang akan berlangsung hari ini dapat berjalan secara sportif. Bagaimana memberikan gambaran secara intelektual program dan gagasan yang ditawarkan kepada rakyat Indonesia. Bukan hanya melakukan ofensif secara masif.

“Sportif membangun sistem ke depan. Perdebatannya harus membawa Indonesia maju, suasana arus intelek yang tidak emosiaonal tapi program oriented, tidak perlu menyerang, tidak perlu serang menyerang tapi membangun sistem yang membangun masa depan kita dan anak cucu kita,” jelasnya.

Terkait dengan potensi materi tentang isu Hak Asasi Manusia (HAM), politisi Partai Golkar itu pun menilai tak ada masalah, hanya saja ia berpesan agar materi HAM dapat dibawakan dalam format diskusi bukan semata melakukan serangan.

“Apa saja boleh dibahas, tapi sifatnya adalah diskusi. Perdebatan, diskusi, moral lantas terukur. Jadi bukan sentimentil,” ujarnya.

space iklan