Inisiatifnews – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mohammad Mahfud MD mengklarifikasi perihal sebuah akun Instagram. Sebelum berubah, akun memang kerap mengunggah screenshot cuitan Mahfud MD dari akun Twitter resmi @mohmahfud.

Akun yang sebelumnya memakai profil foto Mahfud MD dan memilki follower hampir 500 ribu netizen ini, sekarang berubah menjadi 01indonesiamaju.

“Ada akun IG ’01indonesiamaju’ dengan kop ‘Indonesia Maju’ yang setelah dicek e-mail address-nya adalah [email protected] Dengan ini saya nyatakan bahwa akun tersebut bukan akun saya dan sekarang tidak ada kaitannya dengan saya. Akun tersebut dulunya adalah ‘mohmahfudmd’ dengan kop ‘Info Mahfud MD’ dengan ava foto saya,” kicau @mohmahfud dalam akun Twitter resminya.

Guru besar Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) ini menyebut, akun itu dulu mengklaim sebagai admin resmi Twitter @mohmahfudmd. Namun, Mahfud menyebut, pembuat akun atau admin tak pernah meminta izin resmi kepadanya.

“Akun tersebut dulu mengklaim sebagai admin resmi Twitter @mohmahfudmd, tapi sebenarnya admin tersebut tak pernah minta izin kepada saya. Semula saya tak memasalahkan karena memang hanya meng-capture cuitan-cuitan Twitter saya dengan benar dan apa adanya. Saya sedang melacak orang yang mengklaim sebagai admin tersebut tapi belum ketemu,” kicau Mahfud lagi.

Mahfud lantas bercerita soal sosok admin yang dibahasnya itu. Dia bercerita, akun tersebut pernah menghubunginya. Namun, belakangan berubah dan ditawarkan untuk dijual.

“Pada 05 November 2018, ada yang mengaku admin akun tersebut ngontak saya, minta izin memasang iklan. Saya jawab, saya tak setuju kalau akun yang terkait dengan saya diisi dengan iklan atau dikomersialkan. Eh, kemudian ada info bahwa akun yang dikaitkan dengan saya tersebut ditawarkan untuk dijual. Tahu-tahu nama akun diubah,” tambah Mahfud.

Atas peristiwa ini, dia menegaskan, akun tersebut bukan akun resmi miliknya dan tak berada di bawah kendalinya. Segala yang dilakukan akun tersebut, di luar tanggung jawabnya. Mahfud pun tak lagi memperbolehkan akun tersebut mengunggah tangkapan layar Twitter-nya.

“Berkenaan dengan hal-hal tersebut maka sampai ada penyelesaian secara hukum saya nyatakan: 1. Akun IG ’01indonesiamaju’ dengan kop ‘Indonesia Maju’ bukan akun saya; 2. Segala transaksi atau iklan pada akun tersebut tak ada kaitan dengan saya dan 3. Akun tersebut untuk sementara tidak boleh meng-capture cuitan Twitter saya,” tegas Mahfud.

Seperti diketahui, setelah akun berubah nama, banyak netizen di akun Instagram 01indonesiamaju yang heran dan bertanya-tanya. “Dulunya IG-nya apa ya sebelum berubah jadi 01indonesiamaju,” tanya akun @adi_hen2. Sementara akun @pancasila_muda mempertanyakan kepada admin. “Kok bisa akunnya @mohmahfudmd dijadikan seperti ini?” tanyanya. (FAQ)

space iklan