chairul tanjung
Chairul Tanjung. [net]

Inisiatifnews – Bos CT Corps, Chairul Tanjung menyampaikan bahwa tantangan besar revolusi industri 4.0 saat ini adalah kreativitas dan mental berwirausaha yang kuat.

Bahkan ia menyebutkan jika kreativitas dan entrepreneurship menjadi modal utama dalam menjawab tantangan perubahan era industri tersebut.

“Untuk menang butuh inovasi, kreativitas dan entrepreneurship,” kata Chairul Tanjung dalam keterangannya, Kamis (17/1/2019).

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian era Kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan bahwa di era sebelumnya, seseorang bisa sukses berwirausaha ketika memiliki tingkat produktivitas dan efisiensi kerja yang baik. Namun sayangnya, persaingan industri semakin ketat khususnya di tengah laju perkembangan teknologi informasi seperti saat ini.

“Dalam era 4.0 kompetisi itu berubah. Kalau dulu yang menang itu yang lebih efisien dan produktif, sekarang dengan perubahan teknologi dan generasi, efisiensi dan produktivitas saja kita belum menang, sekarang tantangannya bertambah,” tuturnya.

Selain ditambah kreativitas dan inovasi, Chairul Tanjung juga mengingatkan bahwa persaingan Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi persoalan yang harus diperhatikan. Baginya, bangsa Indonesia harus mampu meningkatkan kualitas diri agar mampu bersiang di era industri berbasis teknologi informasi seperti saat ini.

“Makanya kita butuh sumber daya manusia yang luar biasa untuk bisa menang kompetisi dan maju ke depan,” tegasnya.

Terakhir, Chairul Tanjung juga mengajak kepada para pengusaha agar terus melakukan inovasi agar terus mampu menggaet pasar yang labih baik.

“Jadi kita intinya harus berinovasi. Inovasi kepada hal yang baru yang diakibatkan oleh perubahan teknologi,” tutup Chairul Tanjung. []

space iklan