Inisiatifnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin berkunjung ke Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/01/19). Setelah menemui petani di Desa Leuwigoong, Presiden berpindah lokasi menuju ke Danau Situbagendit. Ngapain pagi-pagi ke danau? Ternyata Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana cukur rambut rambut massal bersama sejumlah menteri dan puluhan warga.

Tiba di lokasi acara cukur massal di Situ Bagendit, di Desa Bagendit sekitar pukul 09:00 pagi, Jokowi langsung menyapa tukang cukur Asli Garut (Asgar) langganannya, Herman. Herman merupakan warga Bantarjati, Garut, dan sudah lama menjadi langganan pangkas rambut Jokowi di Jakarta. Di lokasi, sudah tersedia puluhan bangku dan tukang cukur yang siap menjalankan aksinya.

Jokowi yang memakai kemeja putih panjang dengan lengan digulung ini lantas duduk di tempat yang telah disediakan. Jokowi, Iriana, dan Herman sempat berdiskusi singkat. Iriana mengarahkan pemangkas rambut mengenai model rambut Jokowi.

Jokowi sempat mengajak para menteri dan pejabat yang ikut dengannya untuk ikut cukur rambut. Jokowi sempat menggoda Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki. Teten ini kepalanya plontos. “Pak Teten?” goda Jokowi disambut tawa Teten dan pejabat lain serta warga yang hadir.

Setelah berdiskusi singkat, Jokowi kemudian dipasangi kain yang menutup tubuhnya. Selembar kertas seperti tisu dililit ke leher. Jokowi siap dipangkas. Iriana beberapa kali mengarahkan langsung pemotongan rambut Jokowi. Iriana berada di dekat Jokowi dan memantau suaminya saat dipangkas.

Lumayan lama, sekitar 15 menitan, Herman berhasil merapikan rambut Jokowi. Usai cukur, rambut Jokowi tampak tak banyak berubah. Bekas Gubernur DKI Jakarta ini tetap tampil dengan gaya belah pinggirnya. Cuman, rambutnya sedikit lebih pendek dan rapi. “Ini gaya mohawk,” canda Jokowi kembali disambut tawa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga ikut dipangkas rambutnya. Sedangkan Teten yang kepalanya plontos hanya meminta dipijat punggung dan kepalanya. Sementara Ibu Negara Iriana dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita hanya menyaksikan rambut Jokowi dan puluhan orang lainnya dipangkas dalam acara cukur massal itu.

Untuk diketahui, puluhan pencukur rambut yang ada di lokasi ini tergabung dalam organisasi Persatuan Pangkas Rambut Garut (PPRG). Usai dipangkas, Jokowi mengatakan, pangkas rambut ini adalah keahlian yang banyak dimiliki warga Garut. Dia pun berjanji akan membangun perumahan bagi para tukang cukur di Garut yang jumlahnya cukup besar. “Yang paling penting dari acara ini, pemerintah akan membangun perumahan untuk tukang cukur di Garut. Ini tukang cukur yang sangat profesional sekali Selain itu, supaya PPRG bisa bersaing di internasional,” kata Jokowi.

Jokowi juga sempat nge vlog bareng dengan puluhan tukang cukur yang hadir. Lewat akun Twitter resminya, @jokowi juga mengunggah videonya itu. “Seusai mengikuti cukur massal di bawah pepohonan yang rindang di pinggir Situ Begendit, Garut. Inilah para tukang cukur profesional dari PPRG, Persaudaraan Pangkas Rambut Garut. Mereka tidak kalah dengan tukang cukur internasional, bisa bersaing,” kicaunya. (FAQ)

space iklan