Istimewa

Inisiatifnews – Indonesia memiliki tiga anak yang jago dalam bidang teknologi. Ada Yuma Soerianto (12), dan kakak beradik Syahrozad Zalfa Nadia (12) serta Avicenna Roghid Putra (8). Dalam kesehariannya, ketiga bocah itu tetap bisa bermain seperti anak seusianya.

Syahrozad berkolaborasi dengan adiknya dalam membuat robot, sejauh ini mereka telah berhasil membuat lima robot. Dia mengaku bermain bersama sang adik sambil mengerjakan karyanya tersebut.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

“Mainnya sama adek juga, tetap bisa main. Main sama teman cuma di sekolah. Jarang keluar-keluar enggak suka juga,” kata Syahrozad, di Gedung Tokopedia, Jakarta, Sabtu 19 Januari 2019.

Senada, Yuma mengatakan dia masih bisa bermain meskipun tidak banyak menghabiskan waktu. Selain itu dia juga masih bisa berkegiatan untuk mengisi waktu luangnya. Programmer iOS itu mengaku bermain game dan menonton video streaming di internet.

“Aku tidak melakukan coding setiap hari. Saya bermain juga, meski pun waktunya enggak banyak. Saya main video game, nonton YouTube juga,” ujarnya.

Yuma mengatakan, orang-orang di sekitarnya, yakni orangtua, guru dan teman-temannya, sangat mendukung kegiatan coding dan menghasilkan aplikasi yang dilakukannya.

Yuma mengatakan, teman-temannya sangat terkesan dengan apa yang dilakukannya. Hal yang mengesankan dari Yuma yakni menghasilkan 8 aplikasi di iOS. Dia juga telah memenangkan sejumlah penghargaan termasuk dua kali memenangkan Worlwide Developers Conference Scholarship. Bahkan Yuma dipuji oleh bos Apple.

Syahrozad juga mengatakan hal yang sama. Teman-temannya sering menanyakan mengenai kegiatannya membuat robot.

“Kadang-kadang suka tanya-tanya tentang itu. Karena emang baik juga kan (membuat robot)” kata dia.

Dia mengaku telah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan menceritakan mengenai robot yang dibuatnya dengan adiknya.

Sedangkan Yuma memiliki keinginan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

“Ingin menunjukkan aplikasi dan ngobrol-ngobrol sama beliau,” ujar dia.

[SA]

space iklan