sandiaga uno
Sandiaga Salahuddin Uno. [istimewa]

Inisiatifnews – Calon Wakil Presiden 02, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan respon terkait dengan wacana Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menunjuk Najwa Shihab dan Tommy Tjokro dalam Debat putaran kedua bulan depan.

Menurut Sandi, dua nama news achor tersebut adalah orang-orang yang memiliki integritas yang baik dalam bidang jurnalistik. Bahkan ia memandang keduanya merupakan sosok jurnalis independen.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

“Nana (panggilan akrab Najwa -red) sama Tommy kenal dengan baik. Mereka jurnalis yang independen,” kata Sandiaga di Karawang, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Meski demikian, Sandiaga tak mau berkomentar lebih banyak terkait dengan wacana debat kedua nanti akan dipandu oleh dua atau satu dari dua nama tersebut. Ia menyerahkan seluruhnya kepada Badan Pemenangan Nasional (BPN) untuk menilainya bagaimana rekam jejak mereka berdua.

Terakit dengan benar atau tidaknya Najwa Shihab dan Tommy Tjokro akan memimpin debat, mantan Wagub DKI Jakarta itu menyerahkan seluruh keputusan itu kepada KPU sebagai penyelenggara debat.

“Tapi mungkin tim BPN yang lebih kompeten melihat rekam jejaknya. Saya ikut saja keputusan KPU seperti apa,” tegas Sandi.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa Ketua KPU Arief Budiman membenarkan jika Najwa Shihab dan Tommy Tjokro jadi alternatif moderator di debat capres-cawapres putaran kedua. Nama keduanya diusulkan oleh televisi penyelenggara.

Terkait jumlah moderator, Arief mengatakan masih membahas bersama jajarannya. Namun, secara pribadi, Arief mengusulkan hanya ada satu moderator dalam debat kedua agar waktu debat lebih efisien.

“Ya bisa satu, bisa dua ya. Tapi saya pribadi, kemarin kan berpasangan, maka moderator dua. Moderator dua kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu, jadi lebih cepat gitu, silakan… silakan tanya-jawab,” kata Arief di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (21/1).

space iklan