Inisiatifnews – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra telah membentuk tim panelis tes kelayakan atau fit and proper tes Cawagub DKI Jakarta. Tim panelis ini telah menerapkan beberapa indikator penilaian bagi 3 kandidat pengganti Sandiaga Uno.

Tes ini akan diikuti oleh tiga calon, yaitu Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu, dan Abdurrahman Suhaimi. Ketiganya adalah kader dari PKS. Panelis akan menguji kualitas integritas dan rekam jejak ketiga calon wakil gubernur untuk menyimpulkan rekomendasi kepada DPRD DKI Jakarta.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

“Sudah terjawab tadi dalam panelis kita menyusun indikator-indikator dalam penggalian terhadap integritas, kemudian rekam jejak, dan sinergitas dengan Gubernur yang sekarang,” kata Ketua DPP PKS Jakarta, Sakhir Purnomo saat jumpa pers di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).

Tes kelayakan dilakukan dengan metode kualitatif dengan mengumpulkan wawancara langsung, meminta pendapat masyarakat serta diskusi dengan Gubernur Anies Baswedan.

“Kami tidak menskor calon wakil gubernur, tapi secara kualitatif akan tergambar, dan juga salah satu yang diusulkan tim panelis kita akan konsultasi publik dan kita undang tokoh masyarakat tentang informasi yang disampaikan dari teman-teman jurnalis juga nanti kita kroscek, yang selama ini rekam jejaknya 3 calon seperti apa nanti dalam proses,” jelas Sakhir.

Tim panelis terdiri dari empat panelis, yakni Eko Prasojo (Mantan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), Ubedillah Badrun (Dosen UNJ), Siti Zuhro (Peneliti Senior LIPI), dan Syarief (Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta).

Selain itu, ditargetkan proses tes kelayakan ini akan rampung pada 11 Februari 2019. Dan hasil tes akan diserahkan ke Gubernur Anies Baswedan dan DPRD DKI Jakarta sebagai bahan pertimbangan.

[SA]

space iklan