Rilis Hasil Survei Pemilu 2019

Inisiatifnews – Lembaga penelitian Indikator Politik Indonesia telah merilis hasil survei terbaru untuk Pemilu serentak 2019. Survei tersebut dilaksanakan dalam rentang waktu 16-26 Desember 2018.

Peneliti Senior Indikator Rizka Hilda mengatakan, pertanyaan yang diajukan oleh responden terkait surveinya itu cukup mudah, yakni apabila pemilihan anggota DPR diadakan sekarang ini, partai atau calon dari partai mana yang akan ibu-bapak pilih?.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

“PDIP terbesar dengan total suara 21,6 persen, kemudian Gerindra 12,2 persen, Golkar 10,7 persen, PKB 9,3 persen, Demokrat 6,3 persen, NasDem 5,3 persen, PKS 4,2 persen, PPP 4 persen, Perindo 3,4 persen dan PAN 2,7 persen,” kata Rizka di Kantor Lembaga penelitian Indikator Politik Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (23/4).

“Partai lain masih lebih rendah dukungannya, dan sekitar 16,5 persen masih belum menentukan pilihan,” tambahnya.

teknik survei yang digunakan yaitu multistage random sampling dan 1.220 responden. Memiliki margin of error +/- 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Kemudian, responden terpilih dilakukan wawancara lewat tatap muka. Lalu dilakukan quality control secara random sebanyak 20 persen.

Dilihat berdasarkan dukungan terhadap partai politik, sekitar 56,2 persen pemilih merupakan basis koalisi partai pengusung dan pendukung pasangan Jokowi Widodo- Ma’ruf Amin.

“Sedangkan sekitar 26,2 persen basis koalisi partai pengusung dan pendukung pasangan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno, dan selebihnya merupakan kelompok non partisan dan basis partai di luar koalisi pengusung dan pendukung,” ujarnya.

[SA]

space iklan