Istimewa

Inisiatifnews – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar Global Thinkers 2019. Susi masuk ke dalam kategori 10 besar tokoh yang dianggap punya pengaruh di bidang pertahanan dan keamanan menurut versi majalah ternama Foreign Policy. Susi juga mengaku senang namanya masuk dalam daftar bergengsi tersebut.

“Senang saja. Berarti aku dianggap pintar dong. Pemikirannya dianggap bagus dong. Gitu saja,” kata Susi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Dalam editorialnya, Foreign Policy memaparkan Susi berada dalam daftar karena komitmennya dalam mempertahankan kelestarian ikan serta biota laut. Komitmen susi ditunjukkan dengan keberaniannya mengeluarkan kebijakan yang tegas dan dianggap menakutkan, serta diperhatikan kawan maupun lawan.

Susi dikenal karena keputusan tegasnya menenggelamkan semua kapal nelayan yang kedapatan memancing secara ilegal di wilayah perairan Indonesia.

“Kan penenggelaman untuk security toh. Ya mungkin itu saja maksudnya. Ya gembira, bangga. Gini-gini saya pemikirannya diakui gitu kan,” ujar Susi.

Dalam daftar tersebut, Menteri kelahiran Pangandaran, Jawa Barat ini bersanding dengan perempuan berpengaruh lain seperti Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen.

Selain itu ada Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wazed dengan rekor jabatan terlama dalam sejarah negara sejak Januari 2009.

[SA]

space iklan