Yusril dan Jokowi
Momentum Yusril Ihza Mahendra saat berbincang dengan Joko Widodo.

Inisiatifnews – Penasehat Hukum Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Yusril Ihza Mahendra akhirnya angkat bicara terkait dengan polemik pembebasan Abu Bakar Ba’asyir. Ia menilai bahwa ia hanya menjalankan perintah saja terkait dengan wacana itu.

“Saya ditugasi oleh presiden. Sampai sini, tugas saya sudah selesai. Kalau ada hal baru yang diminta agar saya analisis atau saya kerjakan, ya saya kerjakan, jadi saya tunggu saja dulu,” ujar Yusril di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (23/1/2019).

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Kemudian Yusril pun pasang badan agar tidak ada yang menyalahkan Jokowi sebagai Presiden. Advokat kondang ini mengaku, yang dilakukannya terkait Ba’asyir sudah sesuai arahan Jokowi. Ia tak mempermasalahkan apabila pembebasan itu harus ditunda. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat yang memiliki otoritas.

“Kalau sekarang ada perubahan di internal pemerintah, kewenangan pemerintah. Saya tidak menyalahkan Pak Presiden, karena beliau sudah memerintahkan kepada saya,” ujarnya.

Apakah ia sudah berkomunikasi lagi dengan Ba’asyir maupun Presiden Jokowi, Yusril mengaku belum. Namun, dia sudah berkomunikasi dengan Menkopolhukam Wiranto dan Kepada Staf Presiden Moeldoko untuk menindaklanjuti polemik tersebut. []

space iklan