ismail yusanto

Inisiatifnews – Dosen Universitas Paramadina, Novriantoni Kahar menilai bahwa Indonesia merupakan negara perjanjian yang sudah selesai dalam masalah sistem pemerintahan yang dijalankan. Bahkan untuk kalangan Nahdlatul Ulama (NU) tidak akan memperdebatkan lagi apakah Indonesia lebih tepat dipimpin dengan sistem Pancasila atau berdasar Negara Islam.

“NU merasa Indonesia ini tidak produktif lagi dengan membahas negara Islam dan sebagainya. Tapi Indonesia itu adalah negara berjanjian,” kata Novri dalam keterangannya di D’Hotel, Setia Budi, Jakarta Selatan, Sabtu (26/1/2019).

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Statemen Novri tersebut juga untuk menjawab pernyataan eks Jubir Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto. Dimana seluruh bangsa Indonesia memiliki hak untuk menyampaikan aspirasi termasuk menyampaikan gagasan Khilafah sebagai solusi yang paling tepat mengatasi persoalan Indonesia.

“Aspirasi itu bisa muncul dari dua arah yakni aspirasi teologis yang bersumber dari ajaran teks normatif bahwa sebagai muslim paham agama dan ingin seperti ini,” kata Ismail dalam kesempatan yang sama.

Kemudian Ismail juga menyinggung masalah pembubaran organisasinya itu karena dinyatakan sebagai gerakan yang ingin mengganti sistem pemerintahan berbasi Pancasila menjadi Negara Islam.

Bahkan ia masih bersikukuh jika Khilafah adalah bagian dari aspirasi teologis yang merupakan hak masyarakat Indonesia untuk menyampaikan aspirasinya.

“Pembubaran HTI, apa salah HTI. HTI dakwahkan Khilafah, lha Khilafah kan ajaran Islam dan ini aspirasi teologis. Akhirnya situasi sosial politik menjadi keruh dari pemerintah yang tidak merespon aspirasi umat,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa Hizbut Tahrir Indonesia saat ini telah dibubarkan oleh Pemerintah Pusat melalui sidang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Pembubaran tersebut dilakukan karena organisasi yang dipimpin oleh Rokhmat S Labib tersebut mengagendakan untuk mendirikan Negara Khilafah berbasis Islam dan meyakini jika Pancasila adalah sistem toghut.

Berikut video keterangan Prof Mahfud MD tentang Khilafah sebagai sistem pemerintahan.

space iklan