Inisiatifnews – Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii dan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengajak masyarakat tidak golput dalam Pemilihan Presiden 2019. Sebab, golput sangat merugikan.

Mahfud menegaskan tidak akan golput dan memilih dalam Pilpres 2019 mendatang. “Saya tetap memilih yang lebih baik dari yang tersedia. Saya memilih yang agak bagus dari yang kurang bagus,” kata Mahfud saat seminar Islam Indonesia di Pentas Global: Inspirasi Damai Nusantara untuk Dunia di Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat (25/01/2019).

Baca juga :  Mahfud Ingatkan Bahaya Demokrasi Jual Beli
space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Guru besar Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) ini menyatakan, golput dalam pilpres adalah tindakan yang merugikan calon pemilih. Artinya, orang memilih atau tidak memilih pemimpin akan terpilih.

Memang, lanjut Mahfud, sebagai bentuk ekspresi kekecewaan, golput boleh-boleh saja dan tidak melanggar hukum. Karena memang tak boleh ada paksaan untuk memilih atau tidak memilih dalam pemilu. “Tapi, dalam rasionalitas politik golput itu merugikan. Secara elektoral golput merugikan dia. Saya mengajak orang tidak golput karena itu hadiah konstitusi,” tandasnya.

Orang yang tidak memilih, kata Mahfud, berarti sedang memberi kesempatan kepada orang yang pilihannya lebih jelek. Menurut dia, keputusan untuk golput biasanya dilakukan orang-orang yang memiliki pikiran idealis. Sehingga hanya menginginkan calon yang betul-betul bagus. Karena menganggap tidak ada yang bagus, maka tidak memilih.

Baca juga :  Mahfud Ingatkan Bahaya Demokrasi Jual Beli

“Gunakan hak anda untuk memilih. Rugi kalau fasilitas konstitusional untuk memilih dimubadzirkan begitu saja. Ayo memilih, jangan golput,” ajaknya.

Senada, Buya Syafii mengingatkan, jika semakin banyak orang golput, maka pilar demokrasi akan semakin jelek. Golput berbahaya untuk legitimasi parlemen dan eksekutif. “Kalau mau menegakkan demokrasi yang sehat ya tidak golput,” ujar Buya. (FAQ)

space iklan