Ilustrasi CCTV Lalu Lintas

Inisiatifnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Yogyakarta, memasang ratusan closed circuit television ( CCTV) di berbagai ruas jalan guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan serta masyarakat.

Selain CCTV, juga akan dipasang layanan internet gratis di kawasan tugu perbatasan yang saat ini banyak dikunjungi masyarakat untuk berswafoto.

“Total saat ini sudah ada 240 CCTV, bulan Februari mendatang akan ditambah 80 unit CCTV untuk jalur rawan dan perbatasan Gunungkidul,” kata Kepala Bidang Pelayanan Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Gunungkidul Kelik Yuniantoro, saat dihubungi Minggu (27/1/2019).

Anggaran untuk pemasangan 80 CCTV, membutuhkan dana sekitar Rp 642 juta dari APBD Gunungkidul tahun 2019. Untuk tenaga pemasangannya menggunakan pekerja yang ada di Diskominfo.

“Kita hanya menganggarkan pembelian alat-alat perlengkapan dan pendukung saja,” ujarnya.

Kelik menjelaskan, targetnya tahun 2021 Gunungkidul mempunyai 1.000 CCTV yang tersebar di seluruh wilayah.

Selain sebagai pemantauan keamanan, CCTV ini diharap mampu menjadi alat pantauan arus kepadatan lalu lintas yang masuk ke Gunungkidul, serta pengawasan jika terjadi kejahatan.

Terlebih di kawasan perbatasan yang jarang terpantau. Fasilitas yang terus ditingkatkan oleh Pemkab Gunungkidul ini juga digunakan untuk mengawasi dan mengantisipasi perilaku negatif yang mungkin terjadi.

Seperti misalnya tindak asusila yang dapat terjadi di lokasi-lokasi tertentu dan sepi. Belum lagi misalnya terdapat sebuah tindak kejahatan, rekaman CCTV nantinya akan sangat membantu proses pencegahan dan pengungkapan oleh aparat berwenang.

“Kalau ada CCTV tindakan negatif bisa dicegah karena bisa dilakukan pengawasan secara jarak jauh,” ucapnya.

Kelik menambahkan, selain CCTV rencananya di kawasan perbatasan juga akan dilengkapi fasilitas wifi. Akses ini, berfungsi mendukung operasional CCTV.

Selain itu juga dapat dimanfaatkan masyarakat di lokasi sekitar terutama di ares taman taman perbatasan.

“Di wilayah perbatasan kan sulit sinyal, jadi rencananya akan kita pasang Wi-fi gratis di sekitar tugu perbatasan. Di sana ada taman yang biasa dimanfaatkan masyarakat, dan wisatawan,” ucapnya.

Sekda Kabupaten Gunungkidul Drajad Ruswandono menambahkan, pemasangan CCTV ini mendukung Smart city yang saat ini tengah gencar dipublikasikan oleh Pemda DIY.

Untuk mendukung smart city, pihaknya juga akan meningkatkan kapasitas bagi perangkat desa untuk peningkatan kemampuan Sistem Informasi Desa (SID).

Ketua DPRD Gunungkidul Demas Kursiswanto mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah Pemkab dengan pemasangan CCTV tersebut.

“Di samping membantu, konsep CCTV di ruang publik ini juga menjadi bagian penting untuk mendukung smart city,” katanya. [SA]