Inisiatifnews – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ngomongin jatah 10 menteri jika Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang dalam Pilpres mendatang. Partai koalisi pun bereaksi.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menanggapi dingin pernyataan Ketua Umum PKB ini. Kata Hasto, jatah menteri adalah hak prerogatif presiden. Diingatkannya, permintaan kursi menteri mestinya dibarengi dengan perjuangan bersama untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kita berjuang dulu. Menteri itu hak prerogatif presiden. Kita berjuang untuk menghadirkan pemimpin yang betul-betul membawa kemajuan negara dan kesejahteraan rakyat,” kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin ini usai deklarasi Arus Bawah Jokowi Banyuwangi di Aula Hotel Mahkota, Genteng, Banyuwangi, Minggu (27/01/2019).

Politisi Partai Golkar sekaligus anggota TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily menegaskan, hal yang menyangkut pembagian jatah kursi kabinet sama sekali belum dibahas. “Kita sekarang fokus bekerja untuk memenangkan Pak Jokowi Kai Mar’uf selain bahwa kita juga memenangkan partai kita masing-masing dulu,” kata Ace.

Baca juga :  LIPI: Siapapun Yang Sanggup Hapus Air Mata Emak-emak, Dapat Tiket 2024

Serupa, Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini mengingatkan, soal kursi menteri adalah hak Presiden. “Belum ada pembicaraan terkait dengan pembagian kursi-kursi menteri di tubuh koalisi Pak Jokowi Kiai Mar’uf. Soal kursi kabinet itu hak preogratif Presiden,” tegas Ace.

Sebelumnya, Cak Imin berharap PKB mendapatkan jatah 10 Menteri jika Jokowi-Ma’ruf memenangkan Pilpres mendatang. Cak Imin menyatakan ini saat bertemu dengan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di aula Nusantara IV, kompleks DPR, Jakarta Pusat. Cak Imin meminta Muslimat NU mendoakan PKB yang juga sekaligus mewakili NU.

Baca juga :  PAN Minta Pendukung Prabowo-Sandi Move On

“Saya mohon doanya semoga saya diberi kekuatan melanjutkan dan membuktikan. Tahun 2019 harus ditopang dengan ekonomi yang makmur. Tahun 2019 itu harus betul-betul diwujudkan. Hari ini menteri dari kita ada 4. Mudah-mudahan nanti ada 10 menteri dari NU. Ibu-ibu itu kalau kumpul doanya manjur. Semoga PKB bisa dapat 10 kursi (menteri),” ujar Cak Imin.

Seperti diketahui, saat ini terdapat empat menteri kabinet kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla yang berasal dari PKB. Mereka adalah Menaker Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi, Mendes Eko Putro Sandjojo, dan Menristek Dikti M Nasir. (FAQ)