ahmad dhani
Ahmad Dhani Prasetyo. [istimewa]

Inisiatifnews – Kuasa hukum Ahmad Dhani Prasetyo, Herdarsman menegaskan bahwa kliennya akan mengajukan banding terhadap hasil vonis yang diputuskan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Artinya kita tidak menerima putusan. Artinya kita tidak terima adanya putusan kita masih maju ke tahap berikutnya. Tapi kalau menerima salinan putusan kita juga belum dapat. Salinan putusan itu fisiknya,” kata Herdarsman kepada wartawan, Selasa (29/1/2019).

Dalam upaya pembelaan hukum terhadap pentolan grup band Dewa 19 itu, Herdarsman menyampaikan setidaknya ada 40 orang pengacara yang akan berpartisipasi. Seluruhnya adalah anggota Advokat Cinta Tanah Air (ACTA).

“Saya salah satu tim Badan Pemenangan Nasional Prabowo. Ada bantuan hukum jumlahnya 40 kuasa hukum dari ACTA,” terangnya.

Herdarsman mengklaim jika sebetulnya kuasa hukum yang disiapkan untuk melakukan pembelaan terhadap caleg Partai Gerindra tersebut memang banyak, namun saat sidang beberaoa hari yang lalu seluruhnya belum sempat tandatangan.

“Kita kebetulan sudah tanda tangan surat kuasa. Cuman para penasehat hukum dan tim belum tanda tangan semua. Jadi kita harus kumpulkan semuanya. Baru nanti sudah kumpul ya sebelum jangka waktu habis, Insya Allah kita sudah bisa ajukan,” kata dia.

Sebelumnya, majelis hakim PN Jakarta Selatan telah menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara kepada Ahmad Dhani terkait kasus ujaran kebencian di media sosial. Terkait vonis itu, hakim juga memerintahkan agar Ahmad Dhani segera ditahan.

Ahmad Dhani dianggap telah melanggar pasal 45 ayat 2 jo Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.