Istimewa

Inisiatifnews – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan imbauan pada semua pengunjung bioskop untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film diputar.

Menpora Imam Nahrawi menyatakan dalam surat imbauannya kepada semua pengelola biskop di Indonesia, bahwa memutar dan menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pemutaran film bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme.

Selain itu, tujuan lain dari imbauan tersebut adalah untuk mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air.

Surat imbauan tersebut ditandatangani Imam di Jakarta pada Rabu (30/1/2019), dan ditembuskan ke Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Menteri Komunikasi dan Informatika; serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto membenarkan adanya surat imbauan tersebut. Menurut Gatot, surat tersebut diterbitkan pada hari Rabu kemarin.

Namun, Gatot menyatakan imbauan tersebut tidak wajib dilakukan oleh seluruh pengelola bioskop.

“Namanya imbauan, dilakukan boleh, enggak juga enggak apa-apa,” kata Gatot kepada wartawan, Kamis sore.

Berikut isi lengkap surat imbauan tersebut:

Surat Imbauan Nomor 1.30.1/Menpora/1/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film.

Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air, dengan ini kami mengimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film.

Demikian Imbauan ini disampaikan untuk dapat dilaksanakan. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2019

Menteri Pemuda dan Olahraga

Ttd
Imam Nahrawi

Tembusan:
1. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
2. Menteri Komunikasi dan Informatika
3. Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

[SA]