Inisiatifnews – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Mahfud MD aktif membagikan aktivitasnya di media sosial Twitter. Isinya tak hanya politik dan persoalan hukum tata negara, sesekali berantem soal sepak bola dengan sahabat-sahabatnya. Pria 61 penggemar klub Kota Manchester, Inggris, Manchester United (MU) ini juga kerap membagikan momen saat ia kulineran.

Inilah sejumlah kicauan yang disertai foto Mahfud MD tengah kulineran di berbagai daerah nusantara. Pertama, saat Mahfud mampir ke Singkawang, Kalimantan Barat, 3 Maret 2019. Pria asal Madura ini berkicau dan menautkan foto ia tengah makan di sebuah warung.

“Sebelum silaturahim dan dialog lintas etnis dan tokoh agama-agama kami sarapan pagi dulu dengan Walikota Singkawang Bu Chui Mie dan Kapolres Pak Raymond di Restoran Rusen, Pusat Kota Singkawang,” kicau Mahfud dalam akunnya @mohmahfudmd.

Rusen ini kedai kopi tertua di Singkawang, buka sejak 1955. Selain kopi, Rusen Kopi Tiam punya menu favorit, namanya Es Nam Mong. Selain di Rusen, Mahfud juga sarapan di Singkawang dengan menu secangkir teh hangat dan kerupuk. Ia juga ditemani Walikota Bu Chui Mie.

Baca juga :  Wacana Presiden Satu Periode 8 Tahun, Ini Penjelasan Mahfud MD

Kedua, saat ia mampir ke Padang. Bersama beberapa rekannya, ia mampir ke Kedai Ikan Bakar KUN di kawasan Pulau Air. “Ini sudah yang kedua saya ke sini. Lezat juga,” kicau Ketua Dewan Pembina MMD Initiative ini. Dalam foto yang diunggahnya, Mahfud nampak mencicipi ikan bakar dan pete udang di warung Ikan Bakar Djoni KUN yang terletak di Jalan Batang Arau Nomor 1 ini.

Saat berkunjung ke luar negeri, Mahfud juga menyempatkan kulineran. Misalnya saat di Hong Kong, ia sarapan dengan menu sederhana. Kopi hangat dengan beberapa potong roti sebagai teman. Di Adelaide, Australia, Mahfud juga memilih ditemani secangkir kopi saat cuaca dingin. Berbeda saat Mahfud ada di Jepang. Ia menikmati makan siang dengan menu lengkap sushi bersama aktivis Pukat UGM, Zainal Arifin Mochtar.

Akhir Januari lalu, ia menikmati makan malam di rumah dinas Bupati Bone Bolango, Gorontalo. Ada juga Ketua DKPP dan Anggota Bawaslu yang hadir. Di kesempatan lainnya, ia tak sengaja bertemu penyanyi religi sekaligus pendakwah, Opick sewaktu berkunjung di Medan. Mereka sama-sama sedang menikmati durian di Warung Durian Sibolang.

Baca juga :  Naik Kereta Bandung-Jakarta, Mahfud MD: Tak Kalah Dengan Kereta Jepang

Tak jarang, Mahfud juga menikmati makanan bersama warga masyarakat daerah. Misalnya saat ke Lombok, ia diajak makan bersama dengan penduduk dari tiga dusun saat peresmian masjid sederhana yang dibangunnya pasca gempa di Desa Bonyotan Asli. “Yang mengharukan saya diajak bergabung, makan bersama dari urunan penduduk dari 3 dusun. Ada yang menyumbang ayam, beras, telur, mie, daging, sayur-sayuran. Kemudian kami makan bersama,” tulisnya menautkan foto ia tengah makan lesehan bersama warga setempat.

Mahfud juga pernah makan bareng raja. Raja Yogyakarta yang juga Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Meski raja, makanannya tak mewah. Nasi kotak sederhana. Makannya pun di ruang tunggu di Bandara Juanda, Surabaya.

“Makan nasi kotak di bandara bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Mau terbang jam 19.30 tapi pesawat didelay, terpaksa makan nastak (nasi kotak), membeli di warung di dekat Juanda. Sultan ini merakyat. Kata pegawai di ruang tunggu itu. Saya menemani Sri Sultan HB X ke Madura untuk orasi kebangsaan,” kicau @mohmahfudmd 12 Des 2018 lalu. (FM)