Bara Hasibuan
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dengan Waketum DPP PAN Bara Hasibuan.

Inisiatifnews – Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengaku sangat tidak setuju dengan aksi yang akan digelar oleh Kivlan Zen dan Eggi Sudjana hari ini, apalagi konteksnya adalah untuk menekan KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu.

Bara menasehati Kivlan dan Eggi, bahwa sebagai elite dan tokoh politik di Indonesia, seharusnya bisa bersinergi bagaimana memberikan proteksi dan kontrol kepada KPU untuk menjalankan tugasnya dengan baik sesuai koridor hukum, bukan malah memberikan tekanan yang sebenarnya tidak perlu.

Baca juga :  Wapres JK & Mahfud MD Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an di PBNU

“Saya tidak setuju dengan aksi untuk menekan KPU. Justru kita harus mendukung KPU, memberikan proteksi kepada mereka. Semua tokoh masyarakat, elite terutama, jangan lah menekan KPU,” ujar Bara di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Tuntutan dalam demo itu nantinya adalah meminta KPU membongkar kecurangan. Bara menilai hal itu sama saja dengan mendeligitimasi KPU. Seolah-olah KPU melakukan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif.

Baca juga :  Gugat Pilpres, BPN Minta MK Tak Jadi Mahkamah Kalkulator

Padahal menurutnya, masyarakat memiliki mekanisme untuk menyikapi kecurangan pemilu yaitu, melaporkannya ke Badan Pengawas Pemilu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Bara pribadi berpendapat, KPU sudah bekerja keras dalam Pemilu 2019 ini.

KPU juga telah bersikap transparan dengan menyediakan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Dari sistem itu, maka siapapun bisa melakukan kontrol bersama-sama ketika ada kesalahan bisa dikoreksi secara bersama.