Inisiatifnews – Pengacara dan Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana hari ini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan makar atau seruan people power.

Status tersangka ini pun dibenarkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

“Benar, (Eggi Sudjana) dipanggil sebagai tersangka,” kata Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2019).

Perlu diketahui bahwa dalam surat pemanggilan nomor S.Pgl/3781/V/2019/Ditreskrimum tertanggal 7 Mei 2019, Eggi Sudjana telah ditetapkan sebagai tersangka. Tokoh aktivis 212 itu dijadwalkan untuk menghadiri pemeriksaan sebagai tersangka pada hari Senin 13 Mei 2019 di Mapolda Metro Jaya.

Alasan pemanggilan tersangka terhadap Eggi Sudjana sesuai dengan surat pemanggilan polisi itu. Dimana Eggi akan menjalani pemeriksaan dalam perkara tindak pidana makar.

“Dalam perkara tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara atau makar dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat dan atau menyiarkan kabar yang tidak pasti,” tulis dalam surat panggilan tersebut.

Kasus yang diperkarakan oleh Polda Metro Jaya tersebut adalah kaitan seruan People Power yang dilakukan Eggi Sudjana di depan rumah Prabowo Subianto pada tanggal 17 April 2019 lalu.

Eggi dijerat dengan pasal 107 KUHP dan atau pasal 110 KUHP juncto pasal 87 KUHP dan atau pasal 14 ayat (1) dan (2) dan atau pasal 15 UU nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

[IBN]