Inisiatifnews – Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma’ruf Amin melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Al Huda, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (05/06/2019). Usai salat Ied, Cawapres nomor urut 01 ini mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H kepada Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Ia juga berharap, seluruh pihak yang terlibat dalam Pileg dan Pilpres diampuni dosanya serta dapat dipersatukan kembali.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

“Selamat Hari Raya Idul Fitri mudah-mudahan Allah yang maha kuasa mengampuni dosa-dosa kita, saya, Pak Prabowo Pak Sandi, semua kita diampuni, kemudian kita dipersatukan lagi,” ungkap Kiai Ma’ruf.

Dia ingin, momentum Idul Fitri kali ini menjadi ajang silaturahmi seluruh elemen bangsa yang sempat terkoyak karena Pileg dan Pilpres.

“Berharap juga, bangsa ini selalu dilimpahkan rezeki. Semua kembali kepada kebaikan, kesatuan, dan kedamaian. Kembali ke asal lagi, terutama harus utuh kembali setelah Pileg-Pilpres yang kemaren agak gaduh kita selesaikan kembali membangun silaturahmi negara ini,” doa Kiai Ma’ruf.

Diingatkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini , bangsa Indonesia tidak bisa dibangun jika Pileg atau Pilpres dimaknai sebatas menang-kalah. “Karena kita membangun bangsa ini lebih penting daripada sekadar menang. Menang kalah sudah biasalah di dalam Pilpres, oleh karena itu seharusnya kita tidak menjadi bermusuhan, kita saudara sebangsa dan setanah air, saya ingin membangun hubungan yang lebih baik lagi,” harapnya.

Usai salat Ied, Kiai Ma’ruf silaturahmi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Istana Negara, Jakarta. Kiai Ma’ruf yang datang bersama istrinya, Nyai Wury Estu Handayani, mengenakan pakaian muslim bernada putih.

Usai halal bihalal dengan Jokowi-JK, Kiai Ma’ruf mengaku sempat berbincang dengan Wapres JK yang pada 20 Oktober 2019 tidak lagi menjadi orang nomor dua di republik ini mendampingi Jokowi. Kiai Ma’ruf  yang akan menjadi pengganti JK ini menyatakan berjanji akan bekerja dengan baik menemani Jokowi.

“Silaturahmi, menyampaikan saling memaafkan dan menyampaikan niat kita untuk bekerja lebih baik,” ujar Kiai Ma’ruf di Istana Negara.

Kiai Ma’ruf kembali menyampaikan, Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah ini harus menjadi ajang memperkuat persaudaraan dan persatuan. Selain itu, Kiai Ma’ruf mengimbau masyarakat saling memberi maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan di masa lalu setelah terbelah oleh gelaran Pemilu.

“Kita bangun keutuhan persaudaraan. Saling memaafkan, lupakan masa lalu, tidak ada perbedaan-perbedaan. Kita jalin keutuhan bangsa. Kita rajut dan bangun Indonesia ke depan,” ujar Ma’ruf.

Seperti diketahui, hari ini Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla menggelar open house di Istana Negara. Halal bihalal didahului untuk pejabat negara dan dubes pada pukul 09.00-10.00 WIB. Dilanjutkan dengan masyarakat umum akan digelar pada pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. (FMM)

space iklan