arief budiman
Ketua KPU, Arief Budiman menyampaikan paparannya dalam diskusi media. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) akan mulai masuk tahap pencatatan administrasi berkas esok, Selasa (11/6) dan sidang perdana akan digelar pada tanggal 14 Juni 2019. Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan bahwa pihaknya masih terus mempersiapkan diri untuk menjalani gugatan secara konstitusional tersebut.

Ketua KPU Arief Budiman masih merasa yakin akan menang dalam gugatan hasil Pilpres 2019 itu. Namun demikian, ia menegaskan bahwa perkara di MK bukan tentang menang dan kalah, tetapi soal tanggung jawab KPU.

Baca juga :  Saksi Prabowo-Sandi Diteror, Yusril : Alasan

“Jadi sidang di MK itu bukan persoalan salah benar, menang kalah, ini persoalan tanggung jawab KPU terhadap tugas yang sudah dijalankan,” kata Arief di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Menurut Arief, proses sengketa di MK merupakan bagian dari pertanggungjawaban KPU terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Baca juga :  TKN Jokowi-Ma'ruf: Tim Hukum 02 Mendramatisir Kecurangan Tetapi Miskin Bukti

Arief meyakini, tugas KPU tak hanya sebatas menyelenggarakan tahapan pemilu, melainkan juga pertanggung jawaban dalam sengketa.

“Anda sudah kerjakan, tunaikan tugas, maka tugas itu harus dipertanggungjawabkan, termasuk di persidangan MK,” ujarnya.

Arief menambahkan, pihaknya terus menyiapkan dokumen untuk menghadapi gugatan sengketa hasil peserta pemilu, termasuk berkoordinasi dengan KPU provinsi dan kabupaten/kota.

[SOS]