Sutopo
Humas BNPB RI, Sutopo Purwo Nugroho.

Inisiatifnews – Kabar duka menyelimuti bangsa Indonesia dimana sang pejuang informasi bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, Sutopo Purwo Nugroho telah menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu 7 Juli 2019 pukul 02.20 waktu Guangzou, China.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah Berpulang ke Rahmatullah Bapak Sutopo Purwo Nugroho, pada hari Minggu, 07 Juli 2019, sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB,” tulis Humas BNPB dalam siaran persnya, Minggu (7/7/2019).

Sutopo memang sejak tahun 2017 lalu sudah harus berjuang menghadapi penyakit yang dideritanya yakni kanker Paru dan kini sampai sudah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital lainnya. Bahkan meskipun masih menjalani kemoterapi, dirinya tetap setia bekerja dan menyampaikan berbagai informasi penting terkait dengan bencana kepada masyarakat luas.

Karena penyakitnya itulah, Sutopo pada tanggal 15 Junk 2019 harus diterbangkan ke China untuk mendapatkan perawatan medis yang mumpuni yakni di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou.

Perjuangan Sutopo sebagai ujung tombak informasi bencana menjadi catatan yang sangat penting bagi BNPB dan Indonesia sendiri. Betapa tidak, Sutopo sampai tetap datang ke kantor untuk memberikan konferensi pers terhadap bencana alam yang terjadi di Lombok dan Palu meskipun dalam kondisi yang tengah sakit parah tersebut.

“Sejak beliau divonis kanker desember akhir 2017, beliau masih terus gigih dalam melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga pertengahan 2019,” tulis BNPB.

“Bahkan beliau masih sempat melakukan konferensi pers secara bersinambungan pada saat terjadi bencana gempabumi Lombok dan gempabumi Palu ditengah rasa sakit yang menderanya,” sambungnya.

Oleh karena itulah, BPNB merasa sangat kehilangan terhadap sosok tangguh Sutopo Purwo Nugroho itu.

“Kami, kita, semua merasa kehilangan pak Sutopo. Sosok yang terdepan dan gigih dalam menyampaikan informasi bencana di Indonesia,” lanjut BNPB.

Mereka pun berdoa agar Sutopo mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

“Semoga amal ibadah almarhum selama hidupnya diterima di sisi Allah SWT dan bagi keluarga yang ditinggalkan agar tabah dan sabar dalam menghadapi musibah ini,” tutupnya.

[NOE]