fadli zon
Wakil Ketua DPP Partai Gerindra, Fadli Zon. [foto : istimewa]

Inisiatifnews – Wakil Ketu DPR RI, Fadli Zon meminta agar Presiden Joko Widodo menyampaikan saja kepada publik siapa mereka-mereka yang disebut sebagai penumpang gelap dalam kerusuhan Papua beberapa hari yang lalu itu.

“kalau presiden sudah ngomong ada yang menunggangi berarti Presiden sudah dapat informasi, Nah ini Presiden harus menegaskan siapa yang menunggangi,” kata Fadli Zon di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Statemen Fadli Zon ini disampaikan untuk menyikapi statemen Presiden Joko Widodo yang menduga ada penumpang gelap dalam peristiwa kerusuhan Papua.

Baca juga :  Presiden Minta RKUHP Ditunda, Gerindra Setuju, PKS Tidak

“Ya biasa dalam sebuah peristiwa itu ada yang membonceng, ada penumpang gelap, biasalah menurut saya,” kata Jokowi dalam acara “Satu Meja” di Kompas TV hari ini.

Namun, Jokowi tak merinci lebih jauh penumpang gelap yang ia maksud. Menurut Jokowi, yang paling penting TNI Polri sudah bisa menyelesaikan persoalan yang ada di lapangan. Ia pun memastikan langkah-langkah hukum akan dilakukan kepada semua pihak yang bertanggung jawab. Namun, Jokowi kembali mengingatkan, hal yang terpenting adalah saling memaafkan.

Baca juga :  Presiden Jokowi Sampaikan ke DPR Agar RKUHP Ditunda

Perlu diketahui bahwa kerusuhan di Papua Barat yakni di Sorong dan Manokwari merupakan buntut dari peristiwa rasial dan upaya pengusiran Mahasiswa Papua di asrama Papua Malang dan Surabaya.

Dimana isu yang terjadi adalah dugaan bahwa Mahasiswa Papua tersebut merusak bendera Merah Putih yang sebelumnya dipasang di depan asrama mereka. Sayangnya, tudingan tersebut tidak terbukti usai mereka menjalani pemeriksaan dari pihak kepolisian. []

space iklan