Sentil Kemenag : Jangan Sibuk Urus Haji Saja, Tapi Berantas Paham Radikal Juga

stanislaus riyanta
Pengamat intelijen dan keamanan, Stanislaus Riyanta saat memberikan pemaparan dalam sebuah diskusi. [Foto : Istimewa]

Inisiatifnews – Pengamat intelijen dan keamanan, Stanislaus Riyanta memberikan pandangan bahwa instansi pemerintaj seperti Kementerian Agama bisa menjadi kunci bagaimana pemerintah memberantas paham-paham radikalisme di Indonesia.

Baginya, Kementerian Agama (Kemenag) adalah salah satu bidang yang sangat kunci sekali untuk melakukan upaya deradikalisasi tersebut.

Bacaan Lainnya

“(Berantas radikalisme) pemerintah punya kunci di Kominfo dan Kemenag),” kata Stanislaus dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (22/8/2019) malam.

Lulusan Pascasarjana Kajian Stratejik Intelijen di Universitas Indonesia (UI) tersebut menyentil Kemenag agar tidak fokus saja mengurus haji, melainkan juga bagaimana ikut aktif menangkal dan memberantas paham-paham yang dianggapnya sebagai benalu dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara itu.

“Kemenag jangan hanya mengurusi naik haji saja, Kemenag harus tegas terkait ajaran menyimpang,” ujarnya.

Namun demikian, Stanislaus mengajak semua pihak bangsa Indonesia untuk mendukung ketika pemerintah memindak tegas para penganut paham-paham radikal tersebut. Bahkan ketika ada serangan verbal alias bully terhadap pemerintah, sebaiknya masyarakat Indonesia ikut aktif menangkalnya pula.

“Ketegasan pemerintah harus kita dukung. Jangan pemerintah di-bully kita diam saja,” jelas dia. []

Pos terkait