Syarif
Anggota DPRD DKI Jakarta, Syarif.

Inisiatifnews – Wakil Ketua Fraksi Golkar, Syarif menyampaikan bahwa pihaknya mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan untuk memanfaatkan trotoar sebagai tempat berjualan para pedagang kaki lima (PKL).

Dukungan itu disampaikan Syarif untuk memberdayakan para PKL di Jakarta agar tetap bisa beroperasi dan berjualan. Hanya saja ia meminta agar aturan terhadap jam operasional PKL di trotoar dapat diatur sehingga tidak mengganggu para pejalan kaki pengguna trotoar.

“Yang penting kan mengikuti aturan kita. Misalnya jam buka, jam operasi jangan saat padat orang berlalu-lalang. Kan bisa diatur seperti itu,” kata Syarif kepada wartawan, Rabu (4/9/2019).

Kelonggaran kebijakan tersebut diharapkan Syarif dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para PKL, yakni mematuhi seluruh aturan yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Kayak di Pasar Baru itu kan trotoarnya di tempati pedagang tapi ada jam buka tutupnya. Dan teman-teman PKL harus patuh pada aturan yang dibuat,” kata dia.

Lebih lanjut, Syarif mengatakan memberikan ruang berjualan untuk PKL adalah salah satu solusi Pemprov DKI untuk menyejahterakan masyarakat. Dia mengatakan, Anies hanya mengakomodir keinginan PKL.

“Yang paling prinsip adalah Pak Anies sudah memberikan solusi untuk masyarakat tidak ada pilihan lain, mereka dekatkan dengan para pembeli gitu, PKL memilih trotoar. Itu bukan pilihan Pak Anies, itu pilihan PKL dan Pak Anies mengakomodir,” imbuhnya.

Sebelumya, Anies berencana memfasilitasi PKL berjualan di trotoar namun harus sesuai aturan. Peraturan itu berwujud undang-undang, Perpres, sampai peraturan menteri.

“Jadi, penggunaan ruang trotoar untuk PKL itu merujuk pada Peraturan Menteri PU Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Perencanaan Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. Kemudian, atas dasar itu, ini dasarnya adalah Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007. Kesimpulannya, PKL diperbolehkan berada di trotoar selama mengikuti pengaturan Permen PUPR,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (4/9).

space iklan