BJ Habibie. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews – Pasca mulai dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta Pusat pada hari Minggu (8/9) kemarin, Presiden Republik Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie terus membaik.

Hal ini disampaikan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Setya Utama. Menurutnya, kabar terkini mengenai mantan menteri negara riset dan teknologi (menristek) itu berdasarkan laporan ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK), Prof dr Arsil Sani.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Alhamdulillah, tadi pagi (Senin, 9/9) saya mendapat berita dari Kabag Bagian Kesehatan menyampaikan update dari Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Prof dr Arsil Sani, bahwa kondisi beliau (Habibie) membaik,” ujar Setya Utama di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Sebelumnya, pemerintah telah mengirimkan TDK untuk membantu perawatan Habibie di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Tim tersebut terdiri atas 44 orang dokter yang memiliki kepakaran dalam berbagai bidang medis, seperti spesialis penyakit jantung dan sistem saraf.

“Lengkap. Semua spesialis kedokteran lengkap di sana ada 34 orang. Kemudian, ada dokter pribadi presiden berjumlah 10 orang. Untuk presiden, ada enam (dokter) yang melekat. Untuk wapres (wakil presiden), ada empat yang melekat,” jelas Setya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pemerintah akan menjamin seluruh biaya pengobatan dan perawatan yang dibutuhkan Habibie. Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

“Karena, UU Tahun 78 memberikan pembiayaan menyeluruh kepada mantan presiden dan mantan wapres. Dalam hal ini, juga di-cover pemerintah seluruhnya. Pembiayaan di mana pun beliau dirawat,” ucap Setya.

Selain itu, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2018 juga mengatur, baik presiden dan wakil presiden maupun mantan presiden dan mantan wakil presiden berhak memperoleh fasilitas perawatan di rumah sakit rujukan utama, yakni RSPAD, dan rumah-rumah sakit rujukan pembantu, seperti RS TNI Angkatan Udara, RS TNI Angkatan Laut, RS Kepolisian, atau RS Palang Merah Indonesia.

BJ Habibie saat ini berada di salah satu kamar perawatan dalam Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Berdasarkan pantauan Republika di lobi rumah sakit tersebut, Senin (9/9), belum tampak pejabat negara yang datang membesuk sang suami (almarhumah) Hasri Ainun Habibie itu. []

space iklan