Serikat Mahasiswa Amanat Rakyat (SMART) gelar konferensi pers dukung revisi UU KPK.

Inisiatifnews – Sejumlah Mahasiswa dari berbagai lintas kampus yang mengatasnamakan diri Serikat Mahasiswa Amanat Rakyat (SMART) menyatakan dukungannya terhadap upaya DPR RI untuk merevisi Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau UU KPK.

“Mendukung penuh agenda DPR Rl bersama pemerintah untuk melakukan revisi terhadap UU KPK,” kata koordinator SMART, Yayan dalam konferensi persnya di Mie Aceh Seulawah, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya mendorong agar pemerintah pusat melakukan koordinasi secara kelembagaan dengan DPR RI agar revisi UU KPK tersebut segera dituntaskan.

Baca juga :  Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa Diminta Komentar Pakai Kajian Jelas

“Mendorong agar pemerintah segera melakukan koordinasi dengan lembaga legislatif untuk merampungkan dan mengesahkan rencana Revisi UU KPK,” tegasnya.

Selain itu, Yayan juga menilai bahwa KPK sejauh ini belum berhasil menunjukkan kinerjanya dalam melakukan pemberantasan tidak pidana korupsi sebagaimana dalam amanat Undang-undang yakni dalam konteks pencegahan.

Termasuk berbagai hasil penangkapan termasuk dalam kaitannya operasi tangkap tangan (OTT) yang menjadi primadona kinerja lembaga yang saat ini dipimpin oleh Agus Rahardjo itu.

Baca juga :  Laskar Merah Putih dan FBR Desak Firli Bahuri Dilantik

“OTT bukan sebuah keberhasilan KPK memberantas korupsi, walaupun OTT sering dilakukan tapi justru korupsi tidak berkurang,” ujarnya.

Yayan yang mengatasnamakan elemennya itu mengharapkan agar KPK tidak hanya fokus memperbanyak rekam jejak penangkapan, melainkan lebih fokus bagaimana melakukan pencegahan terhadap perilaku koruptif.

“KPK harusnya lebih kepada pencegahan sehingga kerugian negara tidak besar. Jadi, sebelum melakukan korupsi harusnya bisa dicegah terlebih dahulu,” tuturnya. []

space iklan