Muslim United ditolak.

Inisiatifnews – Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tak mengabulkan permohonan penggunaan Kagungan Ndalem (KgD) Masjid Gedhe Keraton (Kauman) beserta halaman, Ndalem Pengulon, dan Alun-alun Utara sisi barat untuk kegiatan Muslim United. Kegiatan itu rencananya digelar pada 11-13 Oktober 2019.

Kegiatan bernama ‘Muslim United: Sedulur Saklawase’ itu diadakan oleh Forum Ukhuwah Islamiyyah. Pihak panitia sebelumnya melayangkan surat permohonan untuk menggunakan KgD Masjid Kauman.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dan tertera pada poster acara, ada sejumlah ustaz yang akan mengisi acara tersebut. Pengisi acara tersebut di antaranya Abdul Somad, Adi Hidayat, Salim A Fillah, Bachtiar Nasir, Felix Siauw, Ali Jaber, Ahmad Heryawan, dan Arie Untung.

Pengageng Kawedanan Hageng Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono membenarkan pihaknya tak mengabulkan permohonan penggunaan KgD Masjid Gedhe Keraton untuk kegiatan Muslim United.

“Iya, benar (tidak memberi izin),” kata Condrokirono kepada wartawan, Rabu (2/10/2019).

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kawedanan Hageng Panitrapura bernomor 0336/KH.PP/Suro.IX/WAWU.1953.2019. Surat yang dikeluarkan pada 28 September 2019 itu ditandatangani oleh GKR Condrokirono. Foto surat tersebut juga telah beredar di media sosial dan grup percakapan.

space iklan