Tahan Marpaung
Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Tahan Marpaung. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Tahan Marpaung menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap 7 (tujuh) orang pelaku penipuan jual beli emas palsu.

Penangkapan itu dilakukan berdasarkan laporan korban karena merasa tertipu dengan penipuan tersebut.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada transaksi penjualan emas dengan modus penipuan itu dengan harga murah,” kata AKBP Tahan dalam konferensi persnya di Mapolres Metro Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Total transaksi kasus penipuan jual beli emas itu senilai Rp1,5 miliar dibayarkan secara cash kepada pelaku.

“Hampir Rp1,5 m dan akhirnya berhasil menangkap 7 pelaku di Transmart Cempaka Putih Jakarta Pusat sekitar jam 17.30 WIB lengkap dengan barang buktinya uang rupiah tunai dan beberapa potongan-potongan emas palsu yang ditransaksikan,” jelasnya.

Kemudian AKBP Tahan menyebutkan bahwa modus operandi itu dilakukan dengan cara menawarkan emas dengan harga lebih murah dari harga pasaran.

“Modus dari para pelaku ini ada pura-pura menjual dengan harga murah sehingga membuat korbannya tergiur bisa mencapai keuntungan yang lumayan dan tersangka diamankan di Polres Jakarta Pusat,” lanjut AKBP Tahan.

Pelaku yang merupakan warga Afrika Barat dan satu diantaranya adalah warga negara Indonesia itu saat ini sudah ditahan di Mapolres Metro Jakarta Pusat.

Atas kejahatannya itu, mereka dikenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. []

space iklan