Istimewa

Inisiatifnews – Hari ini adalah hari perdana Bambang Soesatyo bekerja sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024. Dengan jalan mulusnya memimpin parlemen tingkat tinggi di Republik Indonesia itu, pria yang karib disapa Bamsoet ini menyatakan diri bermitra baik dengan rival politiknya di partai beringin, Airlangga Hartarto.

“Saya ingi mengatakan bahwa tidak ada lagi persaingan. Kita sudah bersatu, tidak ada persaingan (perebutan kursi Ketum Gokar),” kata Bamsoet di Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

Perlu diketahui bahwa antara Bamsoet dengan Airlangga sebelumnya adalah rival politik dalam memperebutkan kursi Ketua Umum di DPP Partai Gokar. Bahkan kampanye Bamsoet for Golkar 1 sudah tersebar di mana-mana menjelang Musyawarah Nasional (Munas) partai warna kuning itu.

Namun karena dirinya saat ini pun merasa sudah dibantu oleh Airlangga, sehingga Bamsoet menyatakan diri melakukan cooling down untuk membuat tensi politiknya bersama Airlangga tidak lagi panas. Bahkan ia pun mengatakan dirinya dengan Airlangga akan melakukan konsolidasi bersama.

“Saya memutuskan untuk cooling down ketika melihat tensi politik yang semakin memanas. Kami kesampingkan konotasi dan menurunkan konsolidasi,” terangnya.

Selain itu, Bamsoet juga menyampaikan bahwa memang sudah ada komitmen tersendiri antara dirinya dengan Airlangga dalam situasi Golkar terkini. Dan ia menyebut bahwa hanya dirinya dan Airlangga saja yang tahu tentang komitmen keduanya selain Tuhan.

“Lain-lain biarlah saya, Ketua Umum, dan Tuhan yang tahu, apa yang sudah kita membuat komitmen,” sambungnya.

Bambang Soesatyo adalah kandidat terkuat dalam merebut kursi Ketua MPR RI selain Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani. Namun berdasarkan hasil musyawarah mufakat ternyata ia disepakati bersama secara aklamasi sebagai pemegang palu MPR RI untuk periode 2019-2024.

Usai dirinya ditetapkan sebagai Ketua MPR RI itu, Bamsoet pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Airlangga Hartarto secara langsung yang saat itu berada di balkon ruang sidang utama di gedung DPR/MPR RI.

Bambang Soesatyo dan Airlangga Hartarto salam komando usai pemilihan Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Mendapati ucapan terima kasih dari koleganya itu, Airlangga yang mengenakan batik kuning berdiri dan memberikan penghormatan kepada Bamsoet. []

space iklan